Breaking News:

Berita Klaten

Girpasang Klaten Mulai Undang Wisatawan: Disediakan Gondola, Seberangi Jurang sedalam 150 Meter

Warga Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, telah menyiapkan gondola bagi wisatawan.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Warga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang merupakan daerah terpencil di lereng Gunung Merapi yang hanya bisa dijangkau lewat jalan setapak di bibir jurang sedalam 150 meter. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KLATEN – Warga Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, telah menyiapkan gondola bagi wisatawan.

"Iya, betul (sudah ada). Kalau launching, sudah dengan Bupati. Tapi masih tahap penyelesaian, belum diefektifkan untuk pemakaian," kata Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, kepada Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Adapun, tahap penyelesaian yang dimaksud adalah pengecatan fasilitas. Gondola diperkirakan bisa mulai digunakan wisatawan pada pekan depan.

Baca juga: Buka Isolasi Gerpasang Klaten, Gubernur Ganjar: Alamnya Bagus Jadi Wisata Unggulan, Ini Keren Loh

Baca juga: Warga Bone Klaten Kaget S Ditangkap Densus 88 Antiteror, Kades Sebut Dia Dikenal Sosok yang Baik

Baca juga: Mendadak Miliarder, Warga Klaten Ini Terima Ganti Rugi Sawah Terdampak Tol Solo-Yogya Rp 1,5 Miliar

Baca juga: 1.851 Petugas Reaktif, 40 Positif Covid-19, Hasil Tes Terhadap Penyelenggara Pilkada Klaten

Sejak diresmikan Bupati Klaten Sri Mulyani, hingga hari ini, gondola yang berada pada ketinggian 150-an meter dari jurang tersebut masih belum digunakan selain untuk uji coba.

Harga tiket gondola

Menurut Sutarno, penduduk Dusun Girpasang dan sekitar yang hendak menaiki gondola tidak akan dikenakan tarif naik gondola.

Kendati demikian, wisatawan yang tiba dari luar area tersebut, akan dikenakan tiket naik gondola sebesar Rp 60.000 per empat orang untuk perjalanan pergi-pulang.

"Bayar karena ini memang untuk tujuan wisata. Kapasitas gondola bisa lebih, tapi biar lebih awet dan aman dibatasi empat orang," jelas dia.

Terkait wisatawan yang ingin naik gondola secara gratis dengan mengaku sebagai warga setempat, Sutarno tidak ambil pusing lantaran pihaknya sudah hafal penduduk setempat.

Durasi dan lokasi gondola

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved