Breaking News:

Penanganan Corona

Kasus Aktif Covid-19 Capai 447 Orang, Ini Klaster Penularan Terbanyak di Kota Semarang

Berdasarkan data pada laman siagacorona.semarangkota.go.id, Minggu (18/10/2020) pukul 13.30, kasus Covid-19 aktif di Kota Semarang mencapai 447 orang.

TRIBUNBANYUMAS/EKA YULIANTI FAJLIN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penularan Covid-19 di Kota Semarang masih terjadi. Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Moh Abdul Hakam mengatakan, jumlah kasus Covid-19 aktif memang sangat fluktuatif.

Berdasarkan data pada laman siagacorona.semarangkota.go.id, Minggu (18/10/2020) pukul 13.30 WIB, kasus Covid-19 aktif di Kota Semarang mencapai 447 orang.

Hakam menyebutkan, ada beberapa klaster yang masih terus menjadi sumber penularan, di antaranya klaster perusahaan, perkantoran, dan tenaga kesehatan

"Teman-teman Pemkot (terpapar Covid-19) masih ada, TNI/Polri ya lumayan," ucapnya.

Baca juga: Mulai Besok, SD Negeri Panambangan Banyumas Mulai Menggelar Uji Coba Kelas Tatap Muka

Baca juga: Gara-gara Covid-19, Sirkuit Motocross Wijayakusuma Banyumas Batal Gelar Kejurnas 2020

Baca juga: Ikut Pelatihan Memasak Ayam Crispy, Veronika Mulai Punya Gambaran Usaha Sekeluar dari Rutan Banyumas

Dia melanjutkan, baik perusahaan maupun perkantoran, sebenarnya telah berupaya menurunkan angka penyebaran Covid-19 melalui sistem work from home atau bekerja dari rumah.

Tinggal penerapan protokol kesehatan di kantor atau perusahaan harus dapat diterapkan secara baik.

Apabila penularan Covid-19 di perkantoran atau perusahaan masih terjadi, sambungnya, bisa berdampak pada klaster keluarga. Saat ini, klaster keluarga mendominasi penularan Covid-19 di Kota Semarang

"Klaster keluarga saat ini mendominasi, banyak banget. Kemarin, ada tambahan dari wilayah Mijen, Gunungpati, Semarang Tengah. Rata-rata, puskesmas yang ada tambahan kasus, muncul dari klaster keluarga," jelas Hakam.

Menurutnya, jumlah orang yang terpapar Covid-19 dalam satu keluarga cukup bervariasi. Pihaknya belum menghitung berapa rata-rata penularan dalam satu keluarga.

Dia menyebutkan, ada satu keluarga yang terpapar Covid-19, mencapai sepuluh orang. Namun, ada juga dalam satu keluarga hanya dua atau tiga orang.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved