Breaking News:

Rusia Klaim Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Anti-Kapal Hipersonik

Rusia mengaku berhasil menguji rudal jelajah anti-kapal hipersonik baru. Langkah ini pun dipuji Presiden Vladimir Putin sebagai "peristiwa besar".

KONTAN/Dok YOUTUBE EURONEWS
Presiden Rusia Vladimir Putin 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Rusia mengaku berhasil menguji rudal jelajah anti-kapal hipersonik baru. Langkah ini pun dipuji Presiden Vladimir Putin sebagai "peristiwa besar" untuk negara itu.

Militer mengatakan, Rabu (7/10/2020), bahwa rudal Tsirkon ditembakkan dari fregat Admiral Gorshkov di Laut Putih pada Selasa (6/10/2020) pagi di Arktik Rusia dan berhasil mencapai targetnya.

Valery Gerasimov, kepala Staf Umum militer Rusia, mengatakan kepada Putin bahwa itu adalah pertama kalinya rudal berhasil mengenai sasaran di laut.

"Tugas peluncuran sudah terlaksana. Uji coba berhasil," katanya kepada Putin.

Gerasimov mengatakan, rudal itu mencapai targetnya 450 kilometer (280 mil) di Laut Barents dan mencapai kecepatan Mach 8 (delapan kali kecepatan suara).

Rusia Tawarkan Vaksin Covid-19 Sputnik-V ke Indonesia yang Diklaim Tiga Kali Lebih Murah

Rusia Klaim Pertama Ciptakan Vaksin Covid-19, Ini Kata WHO

Kontak Senjata Armenia dan Azerbaijan Makin Sengit

Rusia, dalam beberapa tahun terakhir, memuji pengembangan senjata baru futuristik yang diharapkan akan memberikan keunggulan dalam perlombaan senjata dengan Amerika Serikat pada saat ketegangan dengan Barat meningkat.

Putin mengatakan, uji tembak Tsirkon adalah "peristiwa besar tidak hanya dalam kehidupan angkatan bersenjata kita tetapi untuk seluruh Rusia".

Dia mengatakan, senjata semacam itu, yang dia klaim tidak ada bandingannya di seluruh dunia, "tanpa keraguan dalam jangka panjang akan meningkatkan kemampuan pertahanan negara kita" ujar Putin.

Kementerian pertahanan setempat mengatakan bahwa rencananya, Tsirkon akan melengkapi kapal perang dan kapal selam.

Putin telah mengungkapkan pengembangan senjata baru tersebut dalam pidato kenegaraan pada Februari 2019, dengan mengatakan bahwa senjata itu dapat mencapai target di laut dan di darat dengan jangkauan 1.000 kilometer (620 mil) dan kecepatan Mach 9.

Tiba di Kroasia, Elkan Baggott Mulai Gabung Skuat Timnas U-19 di Pemusatan Latihan

Bingung Bikin Sarapan Hari Ini? Coba Mi Goreng Ala Hong Kong yang Mudah Dibuat. Berikut Resepnya

Polisi Amankan Sekitar 100 Pendemo Anarki di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Ada Siswa SMA/SMK

Rusia membanggakan pengembangan sejumlah senjata "tak terkalahkan" yang melampaui sistem yang ada dan termasuk rudal antarbenua Sarmat dan rudal jelajah Burevestnik.
Rudal hipersonik Avangard pertama dioperasikan pada Desember tahun lalu.

Program ini bukannya tanpa risiko dan tujuh orang tewas dalam ledakan di lokasi uji coba rudal pada Agustus 2019. Para ahli Barat mengaitkan ledakan itu dengan Burevestnik. (*)

Artikel ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Klaim tak ada bandingannya di dunia, Rusia berhasil menguji rudal Tsirkon hipersonik.

Editor: rika irawati
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved