Breaking News:

Nadiem Tunjuk Kepala Sekolah Kumpulkan dan Verifikasi Data Siswa Penerima Subsidi Kuota Internet

Mendikbud Nadiem Makarim menyebut kepala sekolah bertanggung jawab atas pengumpulan data guru dan murid penerima subsidi kuota internet.

kompas.com
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, para kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan data guru dan murid penerima subsidi kuota internet.

Kepala sekolah harus memastikan keakuratan data nomor ponsel penerima bantuan.

"Tanggung jawab akurasi dari nomor-nomor ini harus dijelaskan. Tanggung jawab ada di kepala sekolah masing-masing. Jadi, itu nomor benar atau tidak," ujar Nadiem dalam webinar Taruna Merah Putih, Minggu (30/8/2020).

Dirinya meminta kepala sekolah dapat memastikan keakuratan data yang diterima. Proses pendataan dilakukan pada sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Kemendikbud Siapkan Rp 7,2 Triliun untuk Subsidi Kuota Internet: Siswa Dapat 35 GB, Mahasiswa 50 GB

Mendikbud Nadiem Makarim Izinkan Dana BOS untuk Beli Kuota Internet Guru dan Murid

Selain kepala sekolah, Nadiem juga meminta orang tua memberikan data akurat terkait anak-anaknya. Tujuannya, agar bantuan kuota ini tepat sasaran.

"Itu harus. Semua kepala sekolah se-Nusantara, memastikan dan juga orangtua memberikan data yang akurat kepada kepala sekolah agar tepat sasaran dan diterima," kata Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini mendorong agar kepala sekolah bersama dinas pendidikan segera memberikan data siswa dan guru.

"Jadi, mohon, ini tugas berat kepala sekolah yang memastikan akurasi daripada data itu dan masuk di Dapodik. Tolong secepatnya kepala sekolah dan mohon bantuannya kepala dinas dan pemda, mendorong semua sekolah untuk melakukan akurasi memasukan data yang akurat," ujar Nadiem.

Adik Ipar Edo Kondologit Tewas di Tahanan, Ada Luka Lebam dan Bekas Tembakan

Terkait Polemik Penggunaan Kata Anjay yang Dilarang Komnas PA, Ini Kata Ahli Bahasa

Seperti diketahui, pemerintah mengalokasikan subsidi kuota internet untuk guru dan siswa.

Anggaran pulsa bagi peserta didik diberikan sejak September sampai Desember 2020 sebesar Rp 7,2 triliun, dengan rincian kuota, siswa 35 GB per bulan, guru 42 GB per bulan, mahasiswa serta dosen 50 GB per bulan.

Kemendikbud juga telah berhasil menyediakan anggaran tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan sebesar Rp 1,7 triliun. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Nadiem Makarim Minta Kepala Sekolah Berikan Data Akurat Penerima Subsidi Kuota. 

Editor: rika irawati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved