Breaking News:

Berita Kendal

Tes Massal Virus Corona, 1 Anggota Dewan dan 2 ASN di Kendal Positif Covid-19

Kasus positif covid-19 di Kabupaten Kendal terus menunjukkan pertumbuhan. Dari jumlah total hingga, Sabtu (8/8/2020) pagi.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Rival Almanaf
TRIBUN BANYUMAS/SAIFUL MA'SUM
Petugas Dinkes Kabupaten Kendal melakukan tes swab kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Kendal, Jumat (7/8/2020) di gedung dewan setempat. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KENDAL - Kasus positif covid-19 di Kabupaten Kendal terus menunjukkan pertumbuhan.

Dari jumlah total hingga, Sabtu (8/8/2020) pagi, terdapat 305 kasus positif yang ditemukan di Kendal.

Terakhir, kasus terkonfirmasi positif covid-19 dialami dua pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kendal dan seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) usai dilakukan tes swab dan rapid massal pada Kamis, (6/8/2020) dan Jumat (7/8/2020).

Ketiga tambahan kasus positif covid-19 ini melengkapi 3 kasus positif yang sebelumnya ditemukan Dinas Kesehatan di Kantor Setda maupun DPRD Kendal.

Postingan Korban Pencabulan Viral di Instagram, Polisi Buru Pelaku

Sekolah Sulit Lakukan Pengadaan Komputer, Kepala Sekolah Mengadu ke Dewan

Quartararo Ungkap Pesaing Terberatnya di MotoGP Bukan Rossi atau Marquez

Jumlah ASN di lingkungan Setda Kendal yang terkonfirmasi positif covid-19 bertambah dua orang menjadi 4 orang. Sementara di Kantor DPRD Kendal, tambahan satu pasien positif menyusul anggota dewan asal Kaliwungu yang sebelumnya dinyatakan positif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Moh Toha menjelaskan, hasil pengambilan 100 sampel swab terhadap pegawai di lingkungan Setda menunjukkan negatif. Sedangkan dari 200 sampel rapid dihasilkan 12 orang menunjukkan gejala reaktif.

"Dari 12 yang reaktif kemudian dilakukan tes swab, hasilnya dua orang positif covid-19," terangnya, Sabtu (8/8/2020).

Keduanya adalah pegawai di bagian Pembangunan berinisial AN dan seorang pedagang di kantin Setda.

Moh Toha menjelaskan, sterilisasi kantor Setda dengan penyemprotan desinfektan berkala sudah dilakukan sejak Kamis siang. Para pegawai pun sudah diliburkan sejak Jumat kemarin dan akan kembali masuk Senin depan.

"Senin tetap semua pegawai kecuali 4 orang tersebut kembali masuk seperti biasanya. Yang 4 orang dinyatakan positif isolasi mandiri di rumah masing-masing karena keadaan sehat. Kini masih dilakukan tracing kepada dua orang tersebut," tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay membenarkan adanya tambahan 2 kasus positif di lingkungan Setda Kendal. Selain itu, juga terdapat tambahan satu kasus di DPRD Kendal setelah dilakukan swab massal Jumat kemarin.

Kendala Pembelajaran Daring di Tegal, Semakin Siang Kehadiran Siswa Semakin Menyusut

Pengamat: Pejabat Pemkot Tegal Sibuk Pencitraan, Masyarakat Jadi Korban Covid-19

Nasib Ronaldo dan Juventus yang Tidak Sejalan di Liga Champions

"Sebelumnya ada 2 pasien positif di lingkungan Setda, kemudian tambah 2 setelah swab dan rapid total 4 orang. Untuk yang DPRD sebelumnya 1 orang positif tambah satu orang lagi setelah dilakukan tes swab dan rapid," jelasnya.

Hingga kini, pihaknya masih melakukan tracing kepada keluarga pasien dan beberapa orang yang diduga kontak erat dengan pasien. Sejumlah upaya sterilisasi tempat yang disinyalir sebagai lokasi penyebaran virus telah dilakukan penyemprotan desinfektan. Gedung pun dikosongkan setidaknya 2-3 hari ke depan.

"Untuk semua saja kurangi kegiatan yang mengumpulkan orang banyak dan berkerumun karena rawan penularannya. Jangan sepelekan virus ini karena penyebarannya sangat cepat. Gunakan masker saat bepergian dan patuhi protokol kesehatan" tutupnya. (Sam)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved