Prakiraan Cuaca

Sebagian Besar Wilayah di Pulau Jawa Masuki Puncak Kemarau pada Bulan Agustus dan September

Memasuki bulan Agustus 2020, sebagian besar wilayah selatan Indonesia diprediksikan memasuki periode puncak musim kemarau.

TRIBUN TIMUR/muhammad abdiwan
Sejumlah anak bermain di daerah persawahan yang mengalami kekeringan di kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin/24/9/2018. BMKG Sulawesi Selatan menduga musim kemarau panjang akan berlangsung hingga bulan Oktober di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan. (Tribun Timur) 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Memasuki bulan Agustus 2020, sebagian besar wilayah selatan Indonesia diprediksikan memasuki periode puncak musim kemarau.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) dalam keterangan tertulisnya menyampaikan diantara 342 daerah Zona Musim (Zom) di Indonesia, sudah sekitar 69 persen wilayah yang berada di musim kemarau.

Sementara, sebanyak 65 persen Zom akan mengalami puncak musim kemarau pada bulan Agustus ini.

Lupa Social Distancing, Ribuan Orang Berdesakan Tukar Kupon Daging Kurban di Masjid Agung Kota Tegal

Cara Ambil Token Listrik Gratis PLN Bulan Agustus

Daftar Harga dan Spesifikasi Ponsel Vivo Bulan Agustus 2020

Pemuda Bunuh Ayah Tiri Karena Memerkosa Adik dan Menyiksa Ibunya

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Drs Herizal MSi mengatakan bahwa kondisi memasuki puncak musim kemarau pada Agustus ini, terjadi seiring dengan penguatan angin Monsun Australia.

Angin monsun Australia ini mengalirkan massa udara dingin dan kering dari Benua Australia menuju Asia melewati Samudera Indonesia dan wilayah Benua Maritim Indonesia.

"Aliran angin Monsun Australia biasanya berakitan dengan perkembangan sistem tekanan tinggi atmosfer di atas Benua Australia, yang mendorong masa udara memiliki aliran yang lebih kuat dari biasanya," kata Herizal.

Oleh sebab itu, berikut daftar wilayah atau 65 persen Zom yang memiliki potensi mengalami puncak musim kemarau pada bulan Agustus 2020 ini.

Sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Timur

Sebagian besar Nusa Tenggara Barat

Sebagian besar Bali

Halaman
12
Editor: Rival Almanaf
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved