Breaking News:

Berita Otomotif

Simpan Hand Sanitizer dalam Mobil Bisa Sebabkan Kebakaran, Benarkah? Berikut Penjelasannya

Simpan Hand Sanitizer dalam Mobil Bisa Sebabkan Kebakaran, Benarkah? Berikut Penjelasannya

Istimewa
Ilustrasi mobil terbakar - Menyimpan hand sanitizer di dalam mobil disebut bisa menyebabkan kebakaran. Benarkah? Berikut penjelasan dari ahli LIPI. 

Disebutkan jika hand sanitizer sebagian besar terbuat dari cairan berbasis alkohol yang mudah terbakar. Oleh sebab itu, mereka memberi peringatan kepada masyarakat tentang bahaya meningalkan hand sanitizer dalam mobil ketika cuaca terik.

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Salah satu usaha yang dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 adalah dengan selalu membawa hand sanitizer.

Meski memiliki fungsi penting untuk membunuh bakteri dan kuman, hand sanitizer juga bisa menimbulkan bahaya.

Misal, ketika hand sanitizer ditinggalkan di dalam mobil bisa menyebabkan risiko kebakaran.

Seperti video yang sedang viral belakangan ini, Organisasi Pemadam Kebakaran Western Lake di Winsconsin, Amerika Serikat (AS), menampilkan potongan gambar sebuah pintu mobil yang terbakar karena hand sanitizer.

Dalam video tersebut, disebutkan jika hand sanitizer sebagian besar terbuat dari cairan berbasis alkohol yang mudah terbakar.

Cara Mudah Cek Kepesertaan Bansos Covid-19 Melalui Aplikasi, Simak Petunjuk Berikut Ini

Gareng Marah Korban Tak Mau Ceraikan Suami, Kepala Ibu dan Balita Dipalu di Temanggung

Orang Sakit Dilarang Masuk Mal dan Pusat Perbelanjaan, Pemerintah: Ketika New Normal Diterapkan

Mobil Tetangga Terbakar, Dua Balita Berusia 4 Tahun Tewas Terpanggang, Polisi: Ada Unsur Kelalaian

Oleh sebab itu, mereka memberi peringatan kepada masyarakat tentang bahaya meningalkan hand sanitizer dalam mobil ketika cuaca terik.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yenny Meiliana, mengatakan, hal ini harus dikaji lebih dalam lagi apa penyebab yang membuat hand sanitizer tersebut bisa terbakar.

“Sebab, umunnya hand sanitizer hanya memiliki kandungan alkohol sebesar 70 persen."

"Kalaupun disuhu yang benar-benar panas, di bawah 40 derajat itu masih aman apalagi dalam keadaan tertutup, otomatis tidak akan menguap."

"Jadi perlu dikaji ulang apakah mungkin komponen yang ada di dalam kendaraan bisa menjadi pemicu hand sanitizer tersebut bisa terbakar,” kata Yenny saat di hubungi Kompas.com, Rabu (27/05/2020).

Hal serupa juga diungkap oleh Kepala Bengkel Auto2000, Cilandak, Suparna mengatakan, alkohol yang terdapat pada hand sanitizer biasanya tidak akan mencapai 100 persen, sehingga kecil kemungkinannya untuk terbakar.

Halaman
12
Editor: yayan isro roziki
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved