Breaking News:

Teror Virus Corona

Menkominfo Luncurkan Aplikasi Pencegahan Corona PeduliLindungi, Begini Cara Kerjanya

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi PeduliLindungi untuk mencegah wabah virus corona.

Editor: Rival Almanaf
Istimewa/Dok BNPB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan  aplikasi PeduliLindungi untuk mencegah wabah virus corona.

Dengan mengandalkan setiap orang menghidupkan bluetooth di ponsel mereka, Kemenkominfo mengklaim aplikasi ini aman dari para peretas (hacker).

“Sudah bisa didownload di Play Store and App Store,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam keterangan resminya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Sabtu (18/4) dikutip Tribunjogja.com dari laman Covid.go.id.

Aplikasi ini mengandalkan kepedulian (peduli) dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

PeduliLindungi menggunakan bluetooth Anda untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Negaranya Dilanda Krisis Karena Virus Corona, Putra Mahkota Arab Saudi Beli Klub Liga Inggris

Informasi Pendaftaran TNI AU Terbaru untuk Lulusan SMA

Peserta Ijtima Ulama di Gowa Asal Banyumas Positif Corona, 192 Lainnya Jalani Rapid Tes, 30 Positif

12 Jam Setelah Dinyatakan Sembuh Dari Virus Corona, Pemudik Asal Jakarta Meninggal Dunia

Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan), dilansir Tribunjogja.com dari laman PeduliLindungi.

Ha itu akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Anda juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP.

Mengingat pentingnya deteksi dini, Johnny G Plate, mengimbau kepada masyarakat, terutama ASN, TNI, Polri serta pegawai BUMN agar secepatnya bisa mengunduh aplikasi tersebut di ponsel pintarnya masing-masing.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved