Breaking News:

Berita Nasional

Cukupkah Beras Bulog untuk Cadangan Jika Terjadi Lockdown?

Opsi lockdown belum menjadi pilihan presiden Jokowi, ia lebih memilih opsi lain untuk menanggulangi penyebaran virus corona.

Editor: Rival Almanaf
Tribun Jateng / Indra Dwi
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi (kanan) saat meninjau Gudang Bulog Bondansari, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin, (23/12/2019) sore. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Opsi lockdown belum menjadi pilihan presiden Jokowi, ia lebih memilih opsi lain untuk menanggulangi penyebaran virus corona.

Lockdown sendiri adalah menghentikan aktivitas keluar dan masuk dari suatu tempat kecuali untuk urusan darurat.

Sementara ditegaskan Presiden Jokowi, langkah kebijakan lockdown belum jadi opsi yang mendesak dilakukan sebagaimana yang sudah diterapkan negara lain dalam pencegahan virus corona atau Covid-19.

Namun jika skenario terburuk terjadi dengan akhirnya pemerintah mengambil langkah lockdown, apa cukup pasokan kebutuhan pokok, termasuk stok beras Bulog?

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh, menegaskan kalau stok beras yang ada di gudang Bulog relatif masih aman dan bisa mencukupi untuk kebutuhan distribusi rutin dan operasi pasar hingga akhir tahun 2020.

Kisah Pasien 1 Virus Corona Satu Minggu Menangis di Ruang Isolasi Bukan Karena Covid-19

Diduga Korban Pembunuhan, Jasad Seorang Nenek Ditemukan Terbungkus Daun Pisang

Angka Kematian Corona di Indonesia Tinggi, Malaysia, Singapura, Vietnam Nihil Korban, Fase Kritis?

Kisah Turiyan, 47 Tahun Lumpuh dan Hidup di Atas Mobil-mobilan Namun Tetap Produktif

"Stok Bulog aman sampai akhir tahun karena akhir Maret dan April kita sudah akan menyerap hasil panen petani lagi," kata Tri dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (17/3/2020).

Apalagi saat ini, Bulog juga masih menyimpan cadangan beras sisa impor dari tahun lalu.

Stok akan dikeluarkan jika harga beras di pasaran mengalami kenaikan.

"Dengan stok saat ini 1,5 juta ton, kemudian Bulog juga mempunyai target serapan 1,2 juta ton, Insyaallah stok cukup," jelas Tri.

Bulog sendiri, kata dia, terus melihat perkembangan situasi stok dan harga perberasan di tengah kekhawatiran virus corona, dan memastikan pasokan beras di pasaran tetap stabil.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved