Liga 1

Pemprov Jateng Tak Keluarkan Izin, Arema FC Ditolak Berkandang di Stadion Jatidiri Semarang

Pemprov Jateng menolak Stadion Jatidiri digunakan sebagai homebase tim Singo Edan, julukan Arema FC, selama kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

tribun/ariel
Ketua umum Panser Biru, Galih Eko Putranto saat di Stadion Jatidiri. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) tidak mengeluarkan izin penggunaan Stadion Jatidiri, Semarang untuk kandang Arema FC. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) tidak mengeluarkan izin penggunaan Stadion Jatidiri, Semarang untuk kandang Arema FC.

Pemprov Jateng menolak Stadion Jatidiri digunakan sebagai homebase tim Singo Edan, julukan Arema FC, selama kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Semula dikabarkan jika Arema FC menunjuk Stadion Jatidiri Semarang sebagai homebase ketika bertindak sebagai tuan rumah dalam laga melawan Borneo FC di pekan ke-18, Minggu (15/1/2023) mendatang.

Pihak Arema FC menunjuk Panpel lokal Semarang untuk mengirimkan surat permohonan penggunaan Stadion Jatidiri sebagai homebase kepada Disporapar Jateng sebagai pihak pengelola Stadion Jatidiri pada (10/1/2023) lalu.

Baca juga: Arema FC Ditolak Berkandang di Stadion Jatidiri Semarang, Terdekat Laga Singo Edan Vs Borneo FC

Kepala Balai Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Jateng, Cicilia Eni Kurniati berfoto bersama pengurus pusat Panser Biru usai menggelar audiensi di kompleks Stadion Jatidiri Semarang, Kamis (12/1/2023).
Kepala Balai Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Jateng, Cicilia Eni Kurniati berfoto bersama pengurus pusat Panser Biru usai menggelar audiensi di kompleks Stadion Jatidiri Semarang, Kamis (12/1/2023). (Franciskus Ariel/TribunBanyumas.com)

Merespon surat tersebut, Disporapar Jateng belum memberikan izin.

Plh Kepala Disporapar Jateng, Purwanto mengatakan, dengan mempertimbangkan sejumlah hal, termasuk desakan dari suporter menolak Arema FC menggunakan Stadion Jatidiri Semarang sebagai homebase.

Pihaknya secara tegas belum bisa memberikan izin.

"Apa yang menjadi keinginan suporter di Jawa Tengah, khususnya di Semarang tentu kita ikut merasakan.

Pada intinya, kita se-iya se-kata dengan rekan-rekan suporter.

Untuk saat ini tidak diizinkan (Arema FC berhomebase di Jatidiri)," kata Purwanto kepada awak media termasuk TribunBanyumas.com di kompleks Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (12/1/2023).

Baca juga: Menpora Menonton Langsung Laga Arema FC di Stadion Jatidiri Semarang, Ada Apa?

Sebelumnya, Panser Biru sebagai elemen suporter PSIS menyampaikan pernyataan penolakan pada Arema FC yang hendak berkandang di Stadion Jatidiri, di putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Panser Biru meminta Arema FC mencari tempat lain selain Semarang sebagai homebase menyelesaikan liga yang sempat terhenti hampir tiga bulan karena kematian 135 manusia di Kanjuruhan Malang ini.

Kelompok suporter yang berdiri sejak 2001 ini, resmi melayangkan surat penolakan terhadap tim Arema FC yang akan menggunakan Stadion Jatidiri sebagai homebase.

Baca juga: Pemain Asing PSIS Semarang Ini Kecewa Tak Bisa Main di Jatidiri saat Kompetisi Liga 1 Sistem Bubble

Ketua Umum Panser Biru, Galih Eko Putranto menjelaskan, surat penolakan tersebut dikeluarkan karena bentuk solidaritas terhadap korban tragedi kanjuruhan yang hingga saat ini belum mendapatkan keadilan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved