Berita Jateng

Berlangsung Hingga 10 Desember 2022! Bursa Kerja Bagi Difabel di Jateng, Diikuti 27 Perusahaan

Disnakertrans Jawa Tengah menggelar bursa kerja bagi difabel, Jumat (9/12/2022)-Sabtu (10/12/2022) di UTC Convention Hall Semarang.

Penulis: hermawan Endra | Editor: rika irawati
ISTIMEWA
Seorang difabel mengikuti bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah di di UTC Convention Hall Semarang, Jumat (9/12/2022). Acara yang berlangsung hingga Sabtu (10/12/2022) ini diikuti 27 perusahaan yang membuka lowongan bagi pekerja yang memiliki keterbatasan fisik. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah menggelar bursa kerja bagi difabel, Jumat (9/12/2022)-Sabtu (10/12/2022) di UTC Convention Hall Semarang.

Bursa kerja ini diikuti 27 perusahaan yang membuka lowongan bagi para pencari kerja yang memiliki keterbatasan fisik.

Kepala Disnakertrans Jawa Tengah Sakina Rosellasari mengungkapkan, kepedulian perusahaan di Jawa Tengah mempekerjakan difabel, terus meningkat.

Sampai Tahun 2022, ada 216 perusahaan di Jawa Tengah yang telah mempekerjakan lebih dari 2.000 difabel.

Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan di Jawa Tengah sudah patuh terhadap regulasi UU No 8 Tahun 2016 yang mensyaratkan mempekerjakan minimal satu persen difabel.

Baca juga: 50 Perusahaan Buka 4000 Lowongan Kerja di Banyumas Job Fair 2022, Tersedia Juga bagi Difabel

Baca juga: BREAKING NEWS: Resmi dari Pak Ganjar! Daftar Lengkap UMK 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah

Ia berharap, tren positif ini bisa terus ditingkatkan, terlebih, informasinya, akan ada 97 perusahaan padat karya yang melakukan ekspansi ke Jateng.

Hal ini akan semakin membuka ruang bagi difabel produktif, mampu berkarya dan mandiri dengan bekerja di sektor formal.

"Perusahaan dan pekerja saling menyiapkan, perusahaan menyiapkan sarana prasarana, sedangkan sahabat difabel menyiapkan mental, tidak di rumah mengurung diri tapi membuka wawasan karena kesempatan itu ada," katanya.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Jateng Candra Yuliawan menambahkan, ajang ini merupakan agenda perdana yang pernah dihelat secara offline di Jateng.

Selain lowongan pekerjaan, ada pula training bagi departemen sumber daya manusia dalam proses perekrutan disabilitas.

"Mayoritas perusahaan yang bergabung adalah dari garmen. Ada pula dari restoran cepat saji, tour and travel, butik, perdagangan ritel, hingga manufaktur," ujar Candra, via telepon Kamis (8/12/2022).

Ia menyebut, ajang ini bertujuan menjembatani pencari kerja disabilitas dengan perusahaan.

Selama ini, diddfabel kerap terkendala pada akses informasi dan cenderung rendah diri bila berinteraksi dengan orang lain.

Padahal, UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang disabilitas mengamanatkan, perusahaan harus mempekerjakan difabel, paling tidak 1 persen dari jumlah pekerja nondisabilitas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved