Berita Brebes

Atap Puluhan Rumah di Brebes Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sedikitnya 35 rumah warga rusak diterjang puting beliung di dua desa di wilayah Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

ist/dok BPBD
Warga memperbaiki genting atap rumah yang rusak terhempas angin kencang yang terjadi di Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, pada Selasa (11/10/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BREBES - Sedikitnya 35 rumah warga rusak diterjang puting beliung di dua desa di wilayah Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (11/10/2022).

Puluhan rumah yang rusak tersebut berlokasi di Desa Sigentong dan Siwungkuk, Wanasari, Brebes.

Sejumlah warga tampak memperbaiki genting atap rumah yang rusak dihantam angin puting beliung, Rabu (12/10/2022).

Danramil 03 Wanasari, Mayor Infanteri Solekhudin, tidak ada korban jiwa namun 35 rumah terdampak, yaitu 33 atap rumah rusak ringan dan 2 rusak sedang.

Baca juga: Truk Tronton Seruduk Mikrobus hingga Masuk ke Sawah di Pantura Brebes

Dari Jumlah tersebut, 21 rumah yang rusak milik warga Desa Sigentong RW 04 dan RW 05, serta 14 rumah warga Desa Siwungkuk.

"Beberapa rumah atapnya roboh.

Sedangkan yang lain gentingnya berserakan karena terhempas puting beliung disertai hujan yang terjadi sekitar pukul 13.30-14.30 WIB," bebernya.

Menurut taksiran, kerugian akibat fenomena alam itu yakni di Desa Sigentong mencapai Rp100 juta, sementara di Desa Siwungkuk mencapai Rp50 juta.

Baca juga: Warga Brebes Gagalkan Aksi Nekat Wanita Muda Hendak Loncat dari Flyover Tol Pejagan-Pemalang

Kondisi bangunan dari beberapa rumah yang atapnya roboh itu memang sudah rapuh, sementara untuk genting yang terhempas angin itu rata-rata genting lama dan mudah tersapu angin kencang.

"Anggota kami telah melakukan koordinasi dengan Muspika dan pemerintah desa masing-masing untuk melakukan gotong royong perbaikan bangunan yang rusak hari ini (Rabu)," tandasnya.

Bersama unsur terkait pihaknya juga melakukan imbauan agar warga memangkas cabang-cabang pohon yang dekat pemukiman dan di pinggir jalan agar pohon tidak mudah tumbang atau patah cabangnya sehingga membahayakan jiwa saat ada angin besar. (*)

Baca juga: Belum Ada Tersangka. Saksi Terperiksa Kecelakaan Tol Pejagan-Pemalang di Brebes Jadi 18 Orang

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved