Berita Cilacap

Nelayan Cilacap yang Hilang di Perairan Karangkandri Cilacap Ditemukan Tewas Mengambang

Seorang nelayan yang sebelumnya dinyatakan hilang diduga tenggelam telah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di Perairan Karangkandri, Cilacap.

ist/dok basarnas cilacap
Tim SAR Gabungan membawa kantong mayat berisi jenazah seorang nelaan sebelumnya dinyatakan hilang di Perairan Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah. Tim SAR menemukan korban pada Minggu (25/9/2022) sore. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Seorang nelayan yang sebelumnya dinyatakan hilang diduga tenggelam telah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di Perairan Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022) sore.

Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan mengambang di sekitar lokasi kejadian.

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan bahwa korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia dengan kondisi mengapung di sekitaran lokasi kejadian," jelas Adah dalam keterangan tertulis kepada TribunBanyumas.com.

Baca juga: Menyusuri Benteng di Pulau Nusakambangan Cilacap yang Hampir Tidak Terjamah

Proses pencarian seorang nelayan yang hilang di Cilacap oleh relawan dan tim Basarnas Cilacap dengan menggunakan alat.
Proses pencarian seorang nelayan yang hilang di Cilacap oleh relawan dan tim Basarnas Cilacap dengan menggunakan alat. (ist/dok Basarnas Cilacap)

Sebelumnya, sejak Minggu (25/9/2022) pagi, operasi pencarian dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan dibagi menjadi 3 Search Rescue Unit (SRU).

Dimana SRU 1 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan Rubber Boat seluas 2 nautical mail (nm) ke arah barat dari lokasi kejadian.

SRU 2 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) seluas 2 nautical mail (nm) ke arah timur dari lokasi kejadian.

"Kemudian untuk SRU 3, kami melakukan penyisiran darat sejauh 155 kilometer ke arah barat dari lokasi kejadian," kata Adah.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Cilacap Hari Ini Senin 26 September 2022: Waspada Hujan!

Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai. 

Seluruh unsur SAR yang terlibat dalam pencarian di Perairan Karangkandri kembali ke kesatuannya masing-masing.

"Kepada pihak keluarga kami turut berbelasungkawa atas musibah yang dialami korban dan kami mengucapkan terimakasih kepada Tim SAR Gabungan yang sudah melakukan pencarian dengan maksimal," tutur Adah.

Diberitakan sebelumnya, Muhamad Markan (25) nelayan asal Jalan Tapang Dengklok RT 02 RW 08, Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan,  Kabupaten Cilacap tenggelam pada Sabtu (24/9/2022) sekitar pukul 04.30 WIB.

Markan diketahui tenggelam setelah terjatuh dari perahu yang ditumpakinya.

Hilangnya korban diketahui setelah rekan korban menjumpai perahu dalam keadaan genset hidup, namun tidak ada korban di atas perahu.(*)

Baca juga: Menghabiskan Sore di Pantai Teluk Penyu Cilacap: Bermain Voli atau Sekadar Menikmati Sunset

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved