Kuliner Cilacap

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Kebanggaan Warga Cilacap

Brekecek Pathak Jahan merupakan makanan tradisional khas Cilacap, yang menjadi kebanggaan warga Cilacap.

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
GOOGLE REVIEW
Brekecek Pathak Jahan 

TRIBUNBANYUMAS.COM- Brekecek Pathak Jahan merupakan makanan tradisional khas Cilacap. Kuliner ini tampak seperti rica-rica, karena terdapat kuah kental yang berwarna kuning kemerahan, namun  soal rasa sajian khas Cilacap ini mempunyai berbedaan dengan kuah rica-rica pada umumnya.

Kuliner legendaris ini berbahan dasar ikan laut. Jenis ikan yang diolahnya adalah ikan jahan.

Baca juga: Bakmi Anglo Pak Trisno, Kuliner Legendaris yang Lezat di Cilacap Berusia 48 tahun

Baca juga: Kuliner Legendaris Dekat Alun-alun Purbalingga, Tahu Gecot Pak Imoeh. Bisa Pesan Kematangan Tahu

Baca juga: Kuliner Unik Banyumas: Mendoan Ghosting Sawangan Purwokerto. Ada Isian, Dijamin Tak Bikin Sakit Hati

Arti kata Brekecek adalah gabungan kata dari kata brek dan kecek. Brek berarti dijatuhkan atau diletakkan. Dan kecek artinya dikecek atau dicampur. Jadi, brekecek ini adalah cara memasak yang meletakkan bahan dasarnya lalu dicampur dengan bumbu yang khas.

Kuliner ini dinamai oleh penduduk asli Cilacap karena munculnya istilah brekecek berawal dari proses pembuatan masakan itu sendiri.

Dilasir dari blog pariwisatapemprovjateng.go.id sedangkan nama Pathak berarti  kepala, dan jahan adalah jenis ikan yang diolah. Jadi, pathak jahan adalah bagian kepala dari ikan jahan.

Breke
Brekecek3

Biasanya daging ikan jahan diolah menjadi ikan asin jambal roti. Kuliner jambal roti ini biasanya membentuk lebar setelah dibelah jadi dua.

Karena bagian dagingnya diolah menjadi ikan asin, kepala ikan jahan ini biasanya dibuang. Namun, di bagian kepala ikan jahan ini ternyata juga ada daging yang tersisa. Sehingga kepala ikan jahan ini diolah menjadi brekecek agar tidak terbuang sia-sia.

Diliat dari tayangan Deyodoran di Youtubenya masakan Brekecek pathak jahan dimasak dengan bumbu dapur yang mudah didapatkan, seperti cabai merah, kunyit, bawang putih, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, dan kemiri.

Untuk memberikan rasa pedas biasanya ditambahkan dengan cabai rawit.

Baca juga: 5 Kuliner Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Cilacap: Ada Brekecek Pathak Jahan hingga Satai Dua Tusuk

Baca juga: Liburan ke Pati? Ini 5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Wajib Dicoba, Lengkap dengan Alamatnya!

Baca juga: 5 Kuliner Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Cilacap: Ada Brekecek Pathak Jahan hingga Satai Dua Tusuk

 “Kalau pelanggan minta pedas bisa ditambahkan cabai rawit, dan untuk menghilangkan aroma amis bisanya saya tambahin daun kemangi dan perasan jeruk” kata Widyanto penjual Brekecek pathak di video tersebut.

Dari unggahan video tersebut Brekecek pathak jahan yang sudah matang terlihat nikmat saat dihidangkan dengan nasi putih panas dan sayur cah taoge. Bumbu terasa pedas dan asin meresap di daging membuat pembeli tampak menikmati hidangan ini.

Untuk harga bervariasi dari Rp 13.000 – Rp 22.000 saja, sudah termasuk nasi dan sayuran.

Anda bisa menikmati brekecek pathak di Jalan Slamet No.5, Cilacap, Sidanegara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Warung ini buka setiap hari dari pukul 11.00 – 21.00 WIB.

ADR

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved