Berita Internasional

Papua Nugini Diguncang Gempa 7.7 SR

Sebuah gempa besar terjadi di Papua Nugini sekitar pukul 09.46 waktu setempat. Gempa berkekuatan7 SR mengguncang wilayah di Barat Daya kota Lae di Pap

Penulis: Pujiono JS | Editor: Pujiono JS
Shutterstock
Ilustrasi gempa 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Sebuah gempa besar terjadi di Papua Nugini sekitar pukul 09.46 waktu setempat. Gempa berkekuatan 7.7 SR mengguncang wilayah di Barat Daya kota Lae di Papua Nugini.

Kabar ini dikonfirmasikan melalui laman Twitter EMSC yang merupakan organisasi ilmiah independen dan penyedia informasi real time gempa bumi.

Baca juga: Cilacap Sering Diguncang Gempa Akhir-akhir Ini, Ada Apa? Ini Kata Ahli

Baca juga: Fukushima Jepang Kembali Dilanda Gempa: Tokyo Sempat Gelap Gulita, Kereta Shinkansen Tergelincir

Baca juga: Jember Diguncang Gempa, 32 Rumah Rusak dan Lima Orang Terluka

Sementara itu, laman VolcanoDiscovery menyebutkan gempa tersebut terjadi pada kedalaman cukup dangkal 61,4 km di bawah pusat gempa di dekat Lae, Provinsi Morobe, Papua Nugini, pada pagi hari Minggu, 11 September 2022, pukul 09:46 waktu setempat.

Besaran dan parameter gempa lainnya masih dapat berubah dalam beberapa jam mendatang karena badan tersebut terus memproses data seismik.

Lebih lanjut VolcanoDiscovery menyebutkan bahwa laporan kedua kemudian dikeluarkan oleh Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi (INGV) Italia, yang mencatatnya sebagai gempa berkekuatan 7,4 SR. Lembaga lain yang melaporkan gempa yang sama termasuk Geoscience Australia (GeoAu) pada magnitudo 7,6, Pusat Penelitian Jerman untuk Geosciences (GFZ) pada magnitudo 7,6, Réseau National de Surveillance Sismique (RéNaSS) Prancis pada magnitudo 7.1, jaringan seismograf warga RaspberryShake pada magnitudo 7,6, dan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) pada magnitudo 7,6.

Belum ada kabar lebih lanjut apakah gempa besar ini memicu terjadinya tsunami atau tidak. EMSC menyarankan agar warga lokal menuruti aturan dari pemerintah setempat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved