Berita jateng

Jalur Alternatif Mudik Banyumas-Banjarnegara di Purbalingga Rusak, Diduga Karena Galian C

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kebut mengecek persiapan jalur mudik lebaran.

IST
berita jateng 23042022_1715 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kebut mengecek persiapan jalur mudik lebaran. Tak hanya jalan-jalan utama, Ganjar juga turun mengecek jalur alternatif.

Salah satunya Jalur alternatif Kembangan-Linggamas yang ada di perbatasan Banyumas- Purbalingga. Kondisi kalan alternatif tersebut ternyata cukup rusak, dengan beberapa bagian permukaan jalan tidak rata dan bergelombang.

Saat Ganjar bertanya pada warga dan petugas yang mendampinginya, ternyata kerusakan jalan akibat truk yang memuat galian C dengan muatan overload.

"Ya ini sebenarnya jalur alternatif yang kita siapkan untuk pemudik lebaran. Biasanya saat lebaran, banyak pemudik yang lewat jalan ini untuk perjalanan dari Banjarnegara menuju Banyumas," kata Ganjar.

Baca juga: Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga Bisa Layani Pemudik saat Lebaran? Ini Kata Ganjar

Jalan tersebut cukup ramai dilalui pengendara. Sebab jalan itu lanjut Ganjar memang memotong waktu cukup banyak karena tidak harus memutar melalui kota.

"Yang di Banyumas sudah dicor, sudah bagus, tapi yang disini kita cek belum. Kondisinya rusak, ternyata informasinya ada galian C," ujarnya.

Baca juga: Ganjar Dampingi Wapres Maruf Amin Cek Kesiapan Kawasan Borobudur Jelang Libur Panjang

Pihaknya akan mengecek apakah galian C yang menyebabkan jalan rusak itu adalah galian C legal atau ilegal. Ia juga meminta pemerintah daerah setempat untuk mengecek dan menegakkan aturan.

"Nanti kita cek, apakah galian C itu legal apa tidak. Kawan-kawan daerah saya minta juga dicek dan tolong perhatikan aturan. Kalau rusak speerti ini, masyarakat yang dirugikan karena tidak bisa menikmati jalan akibat bergelombang," tegasnya.

Baca juga: Cek Jalur Mudik di Selatan Jateng, Ganjar Minta Ada Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Buntu Banyumas

Selain jalur alternatif, jalan tersebut lanjut Ganjar adalah akses menuju bandara Jenderal Besar Soedirman. Sehingga, jika bandara beroperasi, maka jalan itu yang akan digunakan.

"Ini jalur ke bandara, tapi juga biasa digunakan mudik lebaran. Maka saya minta segera diperbaiki, ditata agar tidak membahayakan," terangnya.

Baca juga: Cek Jalur Mudik, Gerbang Tol Kalikangkung dan Alas Roban Batang Jadi Perhatian Ganjar

Jalan tersebut lanjut Ganjar adalah jalan kabupaten. Sehingga, wewenang untuk memperbaiki ada di tangan pemda kabupaten.

"Ini jalan kabupaten, saya minta ini kan ada dari PU nya. Nanti dicek minimal tidak berlubang. Yang berlubang saya minta ditutup agar betul-betul disiapkan jelang lebaran," pungkasnya.

"Siap sudah pak, sudah ada pekerjaan untuk itu," kata salah satu pejabat Purbalingga yang ada di lokasi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved