Berita Bisnis

Mulai Hari Ini, Harga Elpiji Tabung 5,5 Kg dan 12 Kg Naik. Ini Rinciannya Per Wilayah

Mulai hari ini, Minggu (27/2/2022), PT Pertamina (Persero) menaikkan harga elpiji nonsubsidi tabung 5,5 kilogram dan 12 kilogram.

Editor: rika irawati
KOMPAS.com/Bambang P Jatmiko
Ilustrasi tabung bright gas dan tabung 12 kg. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Mulai hari ini, Minggu (27/2/2022), PT Pertamina (Persero) menaikkan harga elpiji nonsubsidi tabung 5,5 kilogram dan 12 kilogram.

Pejabat Sementara (Pjs) Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting menjelaskan, kenaikan harga ini merupakan bagian dari penyesuaian dan perkembangan terkini dari industri minyak dan gas.

"Tercatat, harga Contract Price Aramco (CPA) mencapai 775 dollar AS/metrik ton, naik sekitar 21 persen dari harga rata-rata CPA sepanjang tahun 2021," jelas Irto dalam keterangan resmi, dikutip dari Kompas.com, Minggu .

Baca juga: Pengendara Harap Sabar, Ada Pemasangan Pipa Pertamina di Jalur Cilacap-Jogja

Baca juga: Bikin Heboh Warga Tegal, Asal Bau Menyengat Mirip Gas Elpiji Ternyata Drum Bekas Limbah Kimia

Baca juga: Demi Dapatkan Elpiji Bersubsidi, Emak-emak di Tanjungkarang Kudus Rela Terjang Banjir

Irto mengatakan, kenaikan harga gas elpiji 5,5 kilogram maupun 12 kilogram berbeda di masing-masing tempat.

Dengan adanya penyesuaian, harga elpiji nonsubsidi yang berlaku saat ini sekitar Rp 15.500 per kilogram.

Lantas, berapa kenaikan masing-masing di tingkat agen?

Mengacu pada laman resmi Pertamina.com, harga elpiji nonsubsidi rumah tangga di DKI Jakarta mencapai Rp 88.000 untuk tabung Bright Gas 5,5 kilogram dan Rp 187.000 untuk tabung Bright Gas 12 kilogram/elpiji 12 kg.

Harga serupa juga berlaku di wilayah Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah; meliputi Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Cianjur, Garut, Indramayu, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Boyolali, Cilacap, Demak, Kudus, Pemalang, Semarang, Solo, dan Tegal.

Lalu, berlaku pula di wilayah Bantul dan Sleman DIY Yogyakarta. Begitu pun di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat meliputi Banyuwangi, Gresik, Kediri, Malang, Ngawi, Pamekasan, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Tulungagung, dan Lombok.

Sementara, di Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah harga LPG nonsubsidi mencapai Rp 94.000 untuk tabung Bright Gas 5,5 kilogram dan Rp 197.000 untuk tabung Bright Gas 12 kilogram/elpiji 12 kg.

Baca juga: Bakal Kembali Diperkuat Dewangga dan Cantillana, PSIS Semarang Waspadai Lini Depan Persikabo

Baca juga: PB XIII Angkat Putra Mahkota. Penerus Raja Keraton Solo Masih Kuliah di Undip Semarang

Baca juga: Terpeleset dan Jatuh ke Sungai Tambra Purbalingga saat Berniat Mancing, Warga Jingkang Tewas

Baca juga: CEO dan Komisaris Terbang ke Bali, Beri Semarangat Skuad PSIS Semarang Laga Lawan Persikabo

Di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah harganya mencapai Rp 91.000 untuk tabung Bright Gas 5,5 kilogram dan Rp 189.000 untuk tabung Bright Gas 12 kilogram/elpiji 12 kg.

Di Kalimantan Utara, harga Bright Gas 5,5 kilogram menjadi Rp 104.000 dan harga Bright Gas 12 kilogram/elpiji 12 kg Rp 223.000.

Terakhir, di Maluku, harganya mencapai Rp 114.000 untuk tabung Bright Gas 5,5 kilogram dan Rp 243.000 untuk tabung Bright Gas 12 kilogram/elpiji 12 kg. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Elpiji 5,5 Kg dan 12 Kg Naik Mulai Hari Ini, Simak Rinciannya".

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved