Breaking News:

Berita Video

Video Gayengnya Festival Dalang Cilik di Banyumas

Festival Dalang Cilik ini diikuti anak-anak berusia dibawah 15 tahun yang diikuti tujuh peserta.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: Abduh Imanulhaq

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Berikut ini Video gayengnya festival dalang cilik di Banyumas

 Seorang dalang cilik begitu terampil memainkan wayang sembari melantunkan tembang (lagu) Jawa.

Dalang cilik itu membawakan cerita Dasamuka Gugur, dimana dalam ceritanya, tokoh utama Rama Wijaya menang dan berhasil mengalahkan Dasamuka.

Dalang cilik tersebut adalah Arkananta Jaluningrat Putra Nugroho (13), siswa SMP 1 Purwokerto yang tengah mengikuti Festival Dalang Cilik di Gedung Kesenian Soetedja, Purwokerto, Rabu (4/11/2020).

Festival Dalang Cilik ini diikuti anak-anak berusia dibawah 15 tahun yang diikuti tujuh peserta.

"Tujuannya, membina dan melestarikan budaya dan seni pedalangan sekaligus regenerasi dalang," ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani, di sela acara, Rabu.

Asis mengatakan, rencana awal, kegiatan ini akan dilaksanakan di Museum Wayang, Banyumas, namun batal lantaran suatu hal.

"Festival ini diselenggarakan tiap tahun. Rencananya, juga akan ada lomba karawitan yang pesertanya dari SMP dan SMA se-Banyumas," tambahnya.

Dalam lomba yang diikuti dalang cilik ini, ada sejumlah kriteria penilaian, di antaranya terkait penampilan, vokal, dan suluk permainan wayang.

Asis mengatakan, kendala utama menyelenggarakan Festival Dalang Cilik di masa pandemi adalah mengumpulkan anak-anak sebagai peserta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved