Breaking News:

Berita Video

Video Banyumas dapat Bantuan Bus BRT dari Kemenhub

Pemkab Banyumas mendapatkan bantuan angkutan umum berkonsep buy the service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Berikut ini video  Banyumas dapat bantuan Bus BRT dari Kemenhub.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mendapatkan bantuan angkutan umum berkonsep buy the service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Penandatanganan nota kesepahaman terkait program ini antara Pemkab Banyumas dan Kemenhub dilakukan Rabu (14/10/2020), di Pendopo Sipanji, Purwokerto.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan, skema BTS adalah sistem pembelian layanan oleh pemerintah kepada pihak swasta, untuk mengoperasikan angkutan. Program ini merupakan bagian dari Bus Rapid Trans (BRT).

Lewat penerapan BTS ini, sistem angkutan umum di Kabupaten Banyumas nantinya dinilai lebih simpel, rapi, pasti, aman, dan nyaman.

Budi mengatakan, Banyumas menjadi satu dari lima daerah yang mendapatkan bantuan BTS tahun 2021. Empat daerah lain tersebut adalah Bandung, Surabaya, Makassar, dan Palembang.

"Kalau sekarang operator full murni dari pihak swasta, saya menyiapkan anggarannya kemudian swasta yang akan mengelola," ujar Budi dalam acara.

Menurutnya, skema buy the service sudah dilakukan di beberapa kota di Indonesia, semisal Bali, Yogyakarta, Solo, Medan, dan Palembang.

Di Banyumas, rencananya ada enam koridor yang disiapkan. "Dan saya minta, trayeknya tidak hanya di Banyumas saja tapi bisa sampai di kabupten lain terdekat, semisal Purbalingga atau Cilacap, supaya ada aglomerasi," imbuhnya.

Budi mengatakan, pihaknya menganggarkan dana Rp 250 miliar untuk program ini.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: Abduh Imanulhaq
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved