Kabar Selebriti

Punya Utang Hingga Rp 697 Triliun ke Mantan Pacar dan Investor, Stephen Chow Gadaikan Rumah

Tak sedikit, nilai utangnya disebut mencapai 47,4 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 697 triliun.

Editor: rika irawati
scmp.com
Aktor Stephen Chow 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Aktor dan sutradara film Hong Kong, Stephen Chow, dikabarkan memiliki utang pada investor dan mantan kekasihnya, seorang ahli waris konstruksi Yu Manfung.

Tak sedikit, nilai utangnya disebut mencapai 47,4 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 697 triliun.

Masalah keuangannya itu diduga bermula pada 2012, ketika Manfung mengakhiri hubungannya dengan Chow yang sudah berjalan selama 13 tahun.

Saat hubungan itu berakhir pada 2010, Manfung mengajukan gugatan kepada Chow sebesar 14 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 206 miliar.

Baca juga: Ditemukan Pingsan dan Dilarikan ke RS, Artis Korea Oh In Hye Diduga Mencoba Bunuh Diri

Baca juga: Aktor Pemeran Black Panther Meninggal, Pihak Keluarga Sebut Chadwick Boseman Sakit Kanker Usus

Baca juga: Forbes Rilis Daftar Artis Hollywood Berbayaran Tinggi, Dwayne Johnson Kalahkan Ben Affleck

Jumlah itu diklaimnya sebagai utang komisi dari Chow atas penjualan rumah mewah di The Peak Hong Kong.

Karena Chow telah tinggal di rumah itu, Manfung merasa dia seharusnya berhak atas bayaran 10 persennya, yang berarti sekitar 80 juta dollar Hong Kong atau Rp 151 miliar.

Rumah yang dimaksud Manfung ini adalah kediaman yang sejak awal tahun ini dikabarkan digadaikan oleh Chow. Menurut Manfung, sejauh ini, dia hanya menerima 1,75 juta dollar AS atau Rp 25 miliar.

Namun, Chow mengatakan, jumlah tersebut dibuat atas niat baik dan menyangkal berutang komisi padanya. Kasus ini kemudian bergulir ke pengadilan sejak November 2020.

Setelah itu, dilaporkan bahwa Chow mempunyai gunungan utang kepada investor.

Pada 2016, Chow menandatangani "Perjanjian Taruhan" di mana investor berkomitmen untuk berinvestasi sebesar 230 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,3 triliun di perusahaannya dan dijamin mendapatkan keuntungan sebesar 180 juta dollar AS atau Rp 2,6 triliun setelah empat tahun.

Menurut sumber, segala sesuatunya berjalan cukup lancar dalam tiga tahun pertama, dengan perusahaan mencatat keuntungan total sebesar 117 juta dollar AS atau Rp 1,7 triliun.

Baca juga: Serahkan Draf UU Cipta Kerja ke Presiden Lewat Mensesneg, Sekjen DPR: Prinsipnya, Ga Ada Masalah

Baca juga: Ronaldo Positif Covid-19, Bakal Absen di Laga Juventus Vs Barcelona Jika Waktu Sembuh Seperti Dybala

Baca juga: Apple Rilis Iphone 12 Mini, Ini Harga dan Spesifikasinya

Namun, pada tahun keempat, investor hanya menerima 30 juta dollar AS atau Rp 441 miliar karena pandemi Covid-19 yang telah menjungkirbalikkan industri film global.

Penghasilan untuk kuartal pertama pada 2020 belum dihitung tetapi nilainya meragukan.

Dengan perjanjian yang berakhir dan Stephen tidak dapat memenuhi targetnya, investor sekarang mengejarnya karena kekurangan uang dan bahkan dapat meminta agar dia membeli kembali saham mereka.

Pada Juni 2020, ada laporan bahwa Stephen telah menggadaikan rumahnya di puncak bukit dan tidak akan memiliki masalah untuk membayar utangnya.

Ada juga pembeli yang tertarik dengan rumahnya yang seharga 198 juta dollar AS atau Rp 2,9 triliun, tetapi Chow tidak tergerak untuk menjualnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dikabarkan Bangkrut dan Berutang Rp 697 Triliun, Stephen Chow Dituntut Mantan Kekasih". 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved