Breaking News:

Berita Video

Video Laboratorium Riset Terpadu Unsoed Siap Periksa Hasil Tes Covid-19

Laboratorium Riset Terpadu Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto siap membantu Pemkab Banyumas memeriksa sampel Covid-19.

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Berikut ini Video laboratorium riset terpadu unsoed siap periksa hasil tes covid-19

Laboratorium Riset Terpadu Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto siap membantu Pemerintah Kabupaten Banyumas memeriksa sampel Covid-19.

Laboratorium di kampus Fakultas Biologi Unsoed tersebut sudah memiliki alat-alat pemeriksaan sampel Covid-19.

Sebenarnya, peralatan itu sudah ada sejak lama namun baru sekarang dinyatakan memenuhi standar bio safety laboratory level 2, setelah dilakukan berbagai perbaikan.

"Diperkirakan bisa memenuhi tes PCR, 90-95 sampel per hari. Sementara, tenaga yang terlatih dan sudah ujian untuk membantu, ada 18 orang," ujar Kepala Laboratorium terpadu Covid-19, Unsoed, Prof Endang Sri Murni, Selasa (18/8/2020).

Menurut Prof Endang, sebuah laboratorium bisa mendapatkan standar bio safety laboratory level 2 setelah memenuhi sejumlah persyaratan.

Di antaranya, mendapatkan izin kode sampel dari nasional. Kemudian, alat yang menangani patogen harus berstandar BSL level 2, memiliki ruang negatif, ada Bio Safety Cabinet (BSC), dan juga alat pemeriksaan yang juga banyak.

Ada pula alat sterilisasi, baik untuk penggunaan APD dan ruang ganti, hingga kamar mandi.

"Diperkirakan, akan bisa beroperasional mulai Senin (24/8/2020) pekan depan. Kami menerima sampel dari Dinkes. Sementara, khusus Banyumas dulu. Tetapi, kedepannya akan bisa juga menerima dari daerah lain," imbuhnya.

Dalam sambutannya, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan jika target sampel harus semakin banyak.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: Abduh Imanulhaq
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved