Breaking News:

Pelemahan IHSG Diprediksi Berlanjut Hari Ini, 4 Agustus 2020, Cermati Peluang Membeli Saham Berikut

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memprediksi, IHSG akan melanjutkan pelemahan hari ini, Selasa (4/8/2020).

KONTAN/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi pergerakan IHSG. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 2,78% ke level 5.006,22, Senin (3/8/2020). Sebanyak 54 saham naik, 401 saham melemah, dan 129 saham bergeming.

Investor asing juga masif mencatatkan aksi jual bersih di pasar saham domestik, jumlahnya mencapai Rp 1,48 triliun di semua pasar dan Rp 1,44 triliun di pasar regular.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memprediksi, IHSG akan melanjutkan pelemahan hari ini, Selasa (4/8/2020).

Investor diharapkan memperhatikan critical level (level psikologis) 5.000.

Jika IHSG level tersebut, ada potensi pelemahan lanjutan dengan support di kisaran 4.930, terutama apabila net sell investor asing berlanjut pada hari ini.

Sikap wait and see dan antisipatif terhadap kinerja emiten di kuartal kedua 2020 dan data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua 2020 diperkirakan masih membayangi pergerakan IHSG.

"Oleh sebab itu, jangan terlalu agresif dalam melakukan aksi beli," ujar Valdy, Senin.

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham dari Analis Hari Ini, Senin 3 Agustus 2020

Valdy merekomendasikan investor untuk mencermati peluang trading buy pada saham-saham defensif, seperti ICBP, ERAA, INDF, dan KLBF pada perdagangan hari ini.

Cermati pula peluang buy on support pada ASII dan SMGR. Proyeksi Valdy, IHSG akan melemah dengan support di 4.930 dan resistance di 5.075.

Sementara itu, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pola gerak IHSG terlihat sedang berada dalam tekanan.

Ini akibat sentimen negatif menjelang rilis data perekonomian yang disinyalir melemah.

Hari Ini IHSG Diprediksi Fluktuatif, Berikut Rekomendasi Saham dari Analis

Sedangkan, capital outflow yang masih terjadi secara year-to-date juga turut memberikan sentimen negatif terhadap pergerakan IHSG.

"Jika terjadi koreksi wajar, para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian," terang William Surya.

Proyeksi William, IHSG akan bergerak di kisaran 4.821–5.188. Adapun saham-saham pilihan William untuk perdagangan besok diantaranya ICBP, INDF, KLBF, BBCA, SMGR, hingga UNVR. (*)

Artikel ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul IHSG diproyeksi lanjut melemah pada Selasa (4/8), cermati saham-saham berikut.

Editor: rika irawati
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved