Breaking News:

Teror Virus Corona

Antisipasi Terpapar, Tim Evakuasi WNI Dibekali Pakaian dan APD Khusus saat Berangkat ke Hubei

pemerintah telah mematangkan opsi evakuasi wni di hubei. untuk antispasi tepapar corona, tim dibekali dengan pakaian dan apd khusus

Wartakota/Nur Ichsan
TIM EVAKUASI WNI - Menlu Retno Marsudi, Menkes, dr Terawan Agus Putranto dan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, melepas keberangkatan 42 orang Tim Evakuasi WNI dari Wuhan dari Babdara Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020). Pada saat yang bersamaan perusahaan penerbangan Batik Air juga melepas keberangkatan penerbangan tujuan Wuhan dalam mendukung misi kemanusiaan, yang dilepas oleh Oresdir Lion Air Grup, Edward Sirait dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Pemerintah telah mematangkan opsi evakuais terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang berada di China, utamanya mereka yang berada di Provinsi Hubei.

Hal ini seiring dengan semakin meluasnya serangan wabah virus corona, yang kali pertama berasal dari Wuhan, sebuah kota di Provinsi Hubei.

Pesawat yang hendak mengevakuasi WNI dari Hubei telah dilepas keberangkatannya oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dari Bandara Soekarno - Hatta, Sabtu (1/2/2020) siang ini.

Untuk mengantisipasi terpapar virus corona, para kru pesawat dan tim evakuasi dibekali dengan pakaian dan alat pelindung diri (AP) khusus.

Banjarnegara Bukan Hanya Dieng, Curug Pletuk Tidak Kalah Eksotis Berikut Rute Menuju ke Sana

Ternyata Bendera Lambang Negara Rakyat Nusantara Logo Merek Sepatu

Begini Kemampuan Pesawat Airbus A330 Batik Air yang Digunakan untuk Evakuasi WNI dari Hubei China

Beda, Ini Cara Unik Cut Meyriska Memberitahu Roger Danuarta tentang Kabar Kehamilannya

"Seperti di sini kami akan berpakaian (APD) seperti di dalam ketika melakukan proses penerbangan dan selama penerbangan," ujar CEO Lion Air Grup, Edward Sirait saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (1/2/2020).

Edward memastikan prosedur penerbangan yang dilakukan Lion Air itu telah sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan.

"Karena ini mengambil (WNI) dari tempat yang ada wabah, maka prosedur dan penerbangannya sudah kami putuskan dan diberikan arahan dari instansi terkait seperti Kemenkes bagaimana menghandle kaitannya dengan wabah," kata Edward.

Selain itu untuk mencegah terpaparnya virus corona, di dalam pesawat itu juga terdapat teknologi Hepa Cabin Air Filter. Dengan teknologi itu, udara yang masuk ke dalam pesawat saat menjemput WNI di Wuhan dapat diputar dan disaring.

Wabup Natuna Tolak Daerahnya Jadi Tempat Isolasi WNI dari Wuhan: Ada Kesan Pemaksaan Kehendak

"Nanti disaring dengan alat yang sudah disiapkan pabrik pesawat termasuk Airbus virus apapun sebenarnya termasuk bakteri corona itu akan mati dengan sendirinya," kata dia.

Tim evakuasi penjemput WNI di Wuhan lepas landas pukul 13.00 WIB dengan pesawat Batik Air Airbus A330.

Isi tim itu ada 42 orang. Badan Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan status darurat dunia atas kasus virus corona yang terus menyebar ke luar China.

Pejalan Kaki Tewas Terlindas Tronton, Polisi Temukan Truk Tersangka 500 Meter dari TKP

Viral Video Biduan Buka Baju Nyanyi dan Joget di Atas Meja, Polisi Beberkan Kronologinya

Kabar Terbaru Fanni Ratu Keraton Agung Sejagat di Balik Jeruji Penjara, Sering Minta Buku dan Pulpen

Catatan Harian Warga Wuhan: Dalam Keheningan, Terdengar Teriakan Tetap Semangat Wuhan dari Jendela

Melansir dari SCMP, korban jiwa akibat virus yang awalnya menyebar di Wuhan China tersebut sudah 213 hingga Kamis (30/1/2020) dengan 42 kasus terbanyak terjadi di Provinsi Hubei.

Dari 30 kematian baru yang dilaporkan, 30 di antaranya ada di Wuhan yang merupakan bagian dari Provinsi Hubei dan merupnakan pusat wabah menurut komisi kesehatan Hubei. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Antisipasi Virus Corona, Kru Pesawat yang Jemput WNI di China Pakai Pakaian Khusus

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved