Asam Lambung

Bingung Memilih Makanan Serat yang Aman Bagi Lambung? Berikut Contohnya

Untuk menghindari gejala asam lambung, Anda butuh makanan dengan kandungan tinggi serat.

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
PEXELS
Yoghurt memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena melalui proses fermentasi, sehingga terdapat kandungan bakteri yang baik untuk lambung. 

TRIBUNBANYUMAS.COM- Penyebab asam lambung naik salah satunya disebabkan oleh kondisi tubuh yang memiliki produksi hormon gastrin.

Gastrin merupakan hormon yang memberi tahu perut untuk memproduksi lebih banyak asam lambung.

Makadari itu jika Anda memiliki produksi hormon gastrin berlebih, asam lambung akan bisa menjadi tinggi.

Gejala naiknya asam lambung meliputi rasa sensasi tidak nyaman di bagian perut, mual, muntah, perut kembung, kehilangan nafsu makan, hingga rasa panas di dada atau heartburn.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Rebus yang Baik di Konsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Baca juga: Tahu Baik bagi Penderita Asam Lambung. Ketahuilah Sederet Manfaatnya

Baca juga: Konsumsi Air Hangat Secara Teratur Dapat Mencegah Kambuhnya Asam Lambung

Untuk menghindari gejala tersebut, Anda butuh makanan dengan kandungan tinggi serat. Lalu apa saja jenis makanan berserat yang baik untuk penderita asam lambung? Berikut penjelasannya:

1. Sayuran dan buah-buahan

Hampir semua jenis buah dan sayuran dapat membantu mengurangi naiknya asam lambung, karena sayur dan buah juga secara alami mengandung rendah lemak, rendah gula dan memiliki serat serta nutrisi penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Ada beberapa pilihan sayuran yang bisa dikonsumsi, yaitu kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, dan mentimun.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah dan roti gandum, merupakan salah satu makanan tinggi serat yang aman bagi penderita asam lambung.

Selain itu Oatmeal juga dikategorian dalam jenis biji-bijian serat tinggi, dengan mengonsumsi oatmeal untuk sarapan setiap harinya, Anda bisa mengurangi risiko asam lambung tinggi.

3. Daging rendah lemak

Dengan mengonsumsi daging rendah lemak juga dapat megurangi naiknya cairan asam lambung ke kerongkongan.

Beberapan daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan makanan laut dipercaya dapat mengurangi gejala asam lambung, karena makanan tersebut mengandung pertein tinggi. Untuk pengolahannya, Anda bisa merebus atau memanggangnya untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved