Berita Nasional

Ganjar Pranowo – Erick Thohir Duet Capres-Cawapres dengan Elektabilitas Tertinggi

Kandidat pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Erick Thohir kembali terekam sebagi duet dengan elektabilitas tertinggi.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Kandidat pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir kembali terekam sebagi duet dengan elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan pasangan lain. Terekam dalam hasil survei nasional terbaru dari Poltracking Indonesia, simulasi pasangan kepala daerah dan menteri tersebut memiliki angka elektabilitas tertinggi di angka 33,1 persen.

Duet ini berada di urutan pertama dibandingkan dengan duet lainnya yakni Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Prabowo Subianto – Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Di mana pasangan Anies – AHY memiliki elektabilitas sebesar 27,5 persen dan berada di posisi ke dua.

Sedangkan di posisi ke tiga merupakan pasangan Prabowo – Cak Imin dengan angka elektabilitas sebesar 25,5 persen. 

“Dalam simulasi tiga pasangan capres dan cawapres, Ganjar – Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 33,1 persen, diikuti Anies – AHY 27,5 persen dan Prabowo – Muhaimin 25,5 persen,” terang Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam acara Temuan Survei Nasional Tendensi Peta Politik Pilpres 2024 Tren Kekuatan Elektoral Partai Politik, Capres dan Cawapres, Kamis (22/12).

Kedua calon tersebut pun yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir masing-masing memiliki elektabilitas tertinggi di masing-masing kategori. Di mana Ganjar Pranowo merupakan capres paling potensial dengan elektabilitas sebesar 32,5 persen dalam simulasi tiga nama. Sedangkan Anies dan Prabowo memiliki elektabilitas 29,1 persen serta 27,8 persen.

“Dalam simulasi 3 nama capres, Ganjar Pranowo memperoleh angka elektabilitas 32,5 persen, diikuti Anies 29,1 persen dan Prabowo 27,8 persen,” ujar Hanta Yuda.

Sedangkan Erick Thohir menempati urutan pertama dalam simulasi 10 nama cawapres. Menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini memiliki elektabilitas sebesar 16,2 persen sebagai cawapres.

Pesaingnya yakni Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti dengan elektabilitas sebesar 15,1 persen dan 12,0 persen. 

“Dalam simulasi 10 nama cawapres, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 16,2 persen, diikuti Ridwan Kamil 15,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 12,0 persen,” pungkas Hanta Yuda,

Perlu diketahui, Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1220 responden dengan margin of error +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved