Berita Nasional

Elektabilitas Erick Thohir Mampu Lengkapi Capres Potensial

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok memiliki potensi besar untuk memimpin Indonesia.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh Tokoh Muda Nasional Tsamara Amany dan Pengamat Politik Ahmad Hidayah sebagai sosok memiliki potensi besar untuk memimpin Indonesia.

Terbukti dari kinerja orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut yang selalu memberikan hasil dan dampak positif terhadap negara serta masyarakat.

Maka dari itu, Erick Thohir dinyatakan sebagai sosok pemimpin yang bisa mengisi peran Wakil Presiden Indonesia yang saat ini tengah diisi oleh KH Ma’ruf Amin.

“Secara objektif kalau kita mau jujur, Pak Erick Thohir ini orang yang cocok jadi nomor dua. Karena kita bisa melihat dari gesture dan cara kerja beliau, dari dulu zaman TKN beliau orang yang cocok jadi support system,” ujar Tsamara yang juga Mantan Ketua DPP PSI.

“Beliau orang terbaik yang bisa dimiliki oleh Presiden, siapapun nanti presidennya. Jadi sempurna banget gitu,” tandas Tsamara.

Tak jauh berbeda, Pengamat Politik Ahmad Hidayah mengatakan Erick Thohir merupakan pemimpin pendamping yang dibutuhkan di dalam pemerintahan.

Sebelum itu, Eks Presiden Inter Milan tersebut juga bisa memberikan dukungan elektoral terhadap capres yang berlaga.

Sebagai elit nasional, Erick Thohir bisa memberikan dampak elektoral kepada capres yang berasal dari elit daerah seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Sedangkan untuk elit nasional seperti Prabowo Subianto pun demikian dengan menonjolkan keberhasilan dan pengalaman memimpin yang dimiliki.

“Pak Erick Thohir merupakan pendukung yang bisa membantu presiden. Dalam ranah elektoral Erick Thohir juga masuk untuk melengkapi capres yang berangkat dari elite daerah dan elit nasional,” jelas Ahmad Hidayah yang juga Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII).

Perlu diketahui, Erick Thohir berhasil membantu Presiden Jokowi saat ini untuk menjalankan pemerintahan melalui Kementerian BUMN.

Ia berhasil menyelesaikan berbagai tugas sulit yang diberikan Presiden Jokowi seperti menanggulangi Covid-19, memulihkan ekonomi nasional, membenahi dan membersihkan BUMN dan menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia.

Ia juga merupakan kandidat terkuat Cawapres Indonesia saat ini berdasarkan hasil survei 5 provinsi Jawa versi Poltracking Indonesia.

Erick Thohir memuncaki elektabilitas cawapres di Jateng dan Jatim dengan perolehan angka 25,4 persen dan 18,3 persen.

Sedangkan di DKI Jakarta, Erick Thohir memiliki elektabilitas cawapres sebesar 17,2 persen.

Bergeser ke Banten dan Jabar, elektabilitas tokoh pemimpin yang dikenal bekerja nyata tersebut berada di angka 11,7 persen dan 10,3 persen. (***)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved