Berita Nasional

Erick Thohir Pemimpin Paham Visi Presiden Jokowi

Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh Tokoh Pemuda Nasional Tsamara Amany sebagai pemimpin yang sangat memahami visi

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Presiden Joko Widodo 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh Tokoh Pemuda Nasional Tsamara Amany sebagai pemimpin yang sangat memahami visi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terlihat sejak Eks Presiden Inter Milan ini diamanahkan menjadi Ketua TKN oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut pada Pilpres 2019.

“Beliau ( Erick Thohir) itu orang yang paham visi, waktu di TKN Pak Jokowi ketika itu untuk TKN seperti apa terus beliau bisa menerjemahkan,” terang Tsamara.

Seperti diketahui, Mantan Ketua DPP PSI ini telah mengenal Erick Thohir sejak bekerja sama memenangkan pasangan Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2024 sebagai TKN Jokowi – Ma’ruf 2019. Keduanya berhasil mengantarkan Presiden Jokowi menjadi pemimpin Indonesia untuk periode ke dua.

Kemudian, Erick Thohir yang memiliki jasa besar terhadap Presiden Jokowi diberikan amanah sebagai orang nomor satu di Kementerian BUMN. Di Kementerian BUMN, Tsamara juga yakin Erick Thohir tengah menjalankan visi Presiden Jokowi.

“Aku lihat juga itu beliau lakukan sekarang visinya presiden apa beliau terjemahkan lewat BUMN,” ujar Tsamara.

Seperti diketahui, Erick Thohir saat ini merupakan pemimpin yang paling dipercaya dan menjadi andalan Presiden Jokowi. Pemimpin yang dikenal bekerja nyata ini bahkan sering mendapatkan penugasan strategis langsung dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, baik dalam ranah Kementerian BUMN maupun di luar dan juga tugas personal.

Dalam ranah Kementerian BUMN, Presiden Jokowi menugaskan Erick Thohir untuk menanggulangi Covid-19, memulihkan ekonomi nasional, pembenahan dan pembersihan BUMN, pemberantasan korupsi, hilirisasi SDA bahkan hingga penyelamatan dunia sepak bola Indonesia. Di bidang penanggulang Covid-19, Erick Thohir bergerak cepat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dengan mendatangkan jutaan vaksin untuk masyarakat.

Kini bahkan Indonesia bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yakni IndoVac berkat kerja keras dari Erick Thohir bersama Bio Farma. Di sektor pemulihan ekonomi nasional, ia menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur untuk membantu masyarakat.

Program ini bahkan hingga saat ini terus berjalan dan berhasil menciptkan jutaan lapangan kerja. Kemudian di bidang pembenahan dan pemberantasan korupsi di BUMN, Erick Thohir sangat berhasil.

Ia berhasil melakukan transformasi manajemen dan fokus bisnis perusahaan-perusahaan BUMN hingga meningkatkan laba dari Rp 13 triliun menjadi Rp 155 triliun di triwulan III 2022. Kontribusi Kementerian BUMN kepada negara di masa kepemimpinan Erick Thohir juga tercatat meningkat Rp 68 triliun.

Hal ini juga tidak lepas dari optimalisasi hilirisasi SDA Indonesia seperti nikel yang dilakukan oleh Erick Thohir untuk mendongkrak perekonomian. Di samping itu, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini berhasil menyelesaikan kasus mega korupsi Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia dengan berkolaborasi bersama Kejaksaan Agung serta BPKP.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir juga menyelesaikan penugasan khusus dari Presiden Jokowi untuk menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan Malang. Penugasan ini berhasil diselesaikan dengan menggandeng FIFA untuk mentransformasi dunia sepak bola Indonesia agar tragedi serupa tidak terulang di kemudian hari.

Secara personal, Erick Thohir juga mendapatkan penugasan untuk menyukseskan acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono belum lama ini. Pesta pernikahan ini berhasil diselenggarakan dengan khidmat dan meriah untuk keluarga Presiden Jokowi serta masyarakat Kota Solo oleh Erick Thohir.

“Kita bisa melihat dari gestur dan cara kerja beliau, dari dulu zaman TKN beliau orang yang cocok jadi support system,” pungkas Tsamara.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved