Gunung Semeru Erupsi

BNPB Tegaskan Kecil Kemungkinan Letusan Gunung Semeru Sebabkan Tsunami

Masyarakat agar mempercayai kabar yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia, baik itu dari BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD.

Editor: Pujiono JS
PVMBG
Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12). 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Pascaluncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada Minggu (4/12) dini hari, beredar kabar yang menyebutkan bahwa letusan Gunung Semeru dapat membangkitkan tsunami hingga ke negara Jepang.

Lembagan penyiaran publik Jepang NHK mengabarkan bahwa peringatan dini tsunami telah dikeluarkan Badan Meteorologi Jepang.

Badan Meteorologi Jepang kini sedang memantau kemungkinan tsunami setelah Gunung Semeru erupsi, sebagaimana dilansir Reuters.

Erupsi Gunung Semeru. Jumlah Korban Erupsi Gunung Semeru 1979 Orang Mengungsi, Simak Daftar Titik Pengungsiannya.
Erupsi Gunung Semeru. Jumlah Korban Erupsi Gunung Semeru 1979 Orang Mengungsi, Simak Daftar Titik Pengungsiannya. (BNPB)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) menanggapi soal kemungkinan terjadinya tsunami akibat letusan Gunung Semeru.

Abdul Muhari, Ph.D., Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam rilisnya menyebutkan ada beberapa analisa yang menyebutkan kabar tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan

"Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan / pyroclastic / partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," ujar Abdul Muhari.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru Diprediksi Picu Tsunami di Okinawa, Jepang Keluarkan Peringatan Dini

Selain itu, lannjut Abdul Muhari, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa, jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkin tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.

"Kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat," tandas Abdul Muhari.

BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mempercayai kabar yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia, baik itu dari BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD dan lembaga-lembaga yang dimandatkan oleh pemerintah. (***)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved