Gempa Garut

BREAKING NEWS: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut, Jawa Barat; Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi mengguncang Garut, Jawa Barat pada Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 16.50 WIB. Gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 6,4.

Editor: Pujiono JS
CANVA
Ilustrasi tampilan seismograf. 

TRIBUBANYUMAS.COM, GARUT - Gempa bumi mengguncang Garut, Jawa Barat pada Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 16.50 WIB.

Gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 6,4.

Akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa tersebut berlokasi di 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut.

Pusat gempa berada di kedalaman 118 kilometer.

BMKG memastikan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa bumi terasa hingga ke wilayah Pangandaran, Bandung, hingga sebagian Sumedang.

Potensi Gempa di Jawa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Geofisika Bandung merilis skenario potensi tsunami akibat subduksi selatan Jawa di wilayah Jawa Barat.

Skenario potensi ini mereka buat untuk mengetahui sebesar apa dampak yang ditimbulkan jika terjadi gempa berkekuatan 8,7 magnitudo di selatan Jawa.

BMKG menjelaskan, Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang berhadapan langsung dengan zona subduksi selatan Jawa, baik subduksi Selat Sunda maupun subduksi Jawa Barat.

Daerah-daerah tersebut berada di pesisir selatan Jawa Barat, memanjang dari mulai Kabupaten Sukabumi hingga ke Kabupaten Pangandaran.

Terdapat dua skenario gempa bumi yang digunakan dalam pemodelan, yaitu gempa bumi dengan magnitudo M 8,7 di Zona Subduksi Selat Sunda (untuk Kabupaten Sukabumi dan Cianjur) dan gempa bumi dengan magnitudo M 8,7 di Zona Subduksi Jawa Barat-Tengah (untuk Kabupaten Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran).

Baca juga: UPDATE Gempa Cianjur: Satu Korban Gempa Ditemukan di Bawah Pikap, Pakai Gamis dan Kerudung Hitam

Skenario gempa bumi di zona megathrust didasarkan pada segmentasi dan magnitudo maksimum Subduksi Indonesia yang bersumber dari Buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 (Pusgen, 2017).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved