Berita Nasional

Politisi PDI P Benarkan Erick Thohir Masuk Pemimpin Pilihan Presiden Jokowi

Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam kriteria pemimpin pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait membenarkan jika Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam kriteria pemimpin pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pasalnya, menteri terbaik dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut memiliki kompetensi luar biasa sebagai seorang pemimpin.

"Saya pikir Pak Erick Thohir masuk dalam kriteria ya, beliau juga memiliki hubungan yang dekat dengan Presiden Jokowi dan kompetensinya juga baik," tutur Maruarar setelah acara Seminar Nasional di Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, Selasa (29/11).

Ketua Taruna Merah Putih tersebut kemudian mengatakan hubungan Erick Thohir bersama Presiden Jokowi telah terbina sejak lama.

Sejak mengetuai Asian Games 2018, Eks Presiden Inter Milan tersebut terus menjadi pemimpin yang dipercaya oleh Presiden Jokowi.

Bahkan, hubungan kedekatan Erick Thohir bersama Presiden Jokowi terus intens terbangun hingga tidak hanya sebatas profesional namun juga kekeluargaan.

Terbukti, mantan Ketua TKN Jokowi 2019 tersebut menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang di Kota Solo pada bulan Desember ini.

"Kedekatan antara Presiden Jokowi dan Pak Erick Thohir tidak lagi sebatas urusan kerja namun juga kedekatan secara personal. Pak Erick Thohir bahkan saat ini menjadi ketua panitia anak bungsu Pak Jokowi yaitu Mas Kaesang," ujar Maruarar.

Di samping itu ia menjelaskan kepemimpinan Erick Thohir sudah terbukti.

Seperti ketika Indonesia diterjang oleh pandemi Covid-19, Erick Thohir mampu bekerja sesuai target yang diberikan. 

Seperti diketahui, di masa pandemi Erick Thohir berhasil meningkatkan laba dari Kementerian BUMN dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124 pada tahun 2021.

Peningkatan laba ini tidak lepas dari kebijakan transformasi yang diterapkan oleh menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut. 

Kebijakan transformasi tersebut mengambil langkah menutup perusahaan BUMN yang menjadi beban negara. Kemudian, agar menjadi lebih efisien, perusahaan BUMN yang sakit diholding atau dimerger dengan perusahaan lain agar menjadi lebih sehat.

Tak berhenti samapi di situ, Erick Thohir juga terbukti sebagai pemimpin yang bersih dan berintegritas. Berbagai kasus penyelewengan dan korupsi diselesaikan.

Seperti halnya kasus mega skandal korupsi Jiwasraya dan Asabri.

Demikian pula dengan Garuda Indonesia dalam upaya penyelamatan Erick Thohir.

Oleh karenanya, Maruarar melihat Erick Thohir mampu untuk menjadi salah satu pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Pak Erick Thohir kerjanya bagus, berintegritas bahkan kerjanya mencapai target ketika di saat sulit. Itu yang luar biasa, karena itu beliau mampu untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya," pungkasnya. (***)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved