Berita Cilacap

Kasimin Harus Dilarikan ke Rumah Sakit akibat Diserang Kera Ekor Panjang Piarannya yang Lepas

Peristiwa lepasnya kera ekor panjang dan kemudian menyerang pemiliknya itu terjadi di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Editor: Pujiono JS
CANVA
ILUSTRASI Foto kera ekor panjang ekor panjang (Macaca Fascicularis). Seekor kera menyerang pemiliknya di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Kasimin harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan karena diserang oleh kera ekor panjang (Macaca fascicularis) piarannya yang lepas dari kandang.

Peristiwa lepasnya kera ekor panjang dan kemudian menyerang pemiliknya itu terjadi di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022).

Kronologi peristiwa ini, seperti diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Cilacap Supriyadi, bermula ketika pemilik kera akan memberikan pakan.

Kera cilacap
Petugas Damkar mengeveakuasi kera yang menyerang pemiliknya di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022).

"Sekitar pukul 13.30 WIB, kera lepas saat mau dikasih makan oleh pemiliknya," kata Supriyadi kepada wartawan, Selasa (29/11/2022) malam.

Ketika hendak ditangkap, kera tersebut justru menyerang Kasimin.

"Saat mau ditangkap pemiliknya, kera menyerang dan menggigit kaki pemiliknya. Pemilik kera tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit," jelas Supriyadi.

Salah satu warga kemudian melaporkan peristiwa itu kepada petugas Damkar untuk mengevakuasi kera.

"Petugas datang ke lokasi dan mengevakuasi kera tersebut. Selanjutnya kera diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap untuk dilepasliarkan," kata Supriyadi.

Mengenal Kera Ekor Panjang

Menurut Wikipedia, Monyet kra (Macaca fascicularis) adalah monyet asli Asia Tenggara namun sekarang tersebar di berbagai tempat di Asia.

Nama lokalnya dalam bahasa Melayu, kra atau kera, adalah tiruan bunyi yang dikeluarkan oleh hewan ini.

Dalam literatur-literatur lama, spesies ini acap disebut sebagai kera ekor panjang atau monyet ekor panjang (dari bahasa Inggris, long-tailed macaque), monyet pemakan kepiting (Ingg., crab-eating monkey), atau monyet saja.

Monyet ini sangat adaptif dan termasuk hewan liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia.

Selain menjadi hewan timangan atau pertunjukan, monyet ini juga digunakan dalam berbagai percobaan kedokteran.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Terkait :#Berita Cilacap
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved