PLN UIP JBT

Aksi Nyata Tangani Perubahan Iklim, PLN Peduli Serahkan 3.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia

PLN melalui program PLN Peduli menyerahkan 3.000 bibit pohon kepada 2 desa di Kabupaten Semarang

Editor: Editor Bisnis
IST
PLN melalui program PLN Peduli menyerahkan 3.000 bibit pohon kepada 2 desa di Kabupaten Semarang yakni Desa Candi dan Desa Kenteng Kecamatan Bendungan Kabupaten Semarang. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Memperingati hari menanam pohon yang jatuh setiap tanggal 28 November, PLN melalui program PLN Peduli menyerahkan 3.000 bibit pohon kepada 2 desa di Kabupaten Semarang yakni Desa Candi dan Desa Kenteng Kecamatan Bendungan Kabupaten Semarang.

Langkah ini ditempuh sebagai bentuk komitmen PLN dalam mendukung pemerintah untuk memberikandan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Maksud tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. 

PLN melalui program PLN Peduli menyerahkan 3.000 bibit pohon kepada 2 desa di Kabupaten Semarang yakni Desa Candi dan Desa Kenteng Kecamatan Bendungan Kabupaten Semarang.
PLN melalui program PLN Peduli menyerahkan 3.000 bibit pohon kepada 2 desa di Kabupaten Semarang yakni Desa Candi dan Desa Kenteng Kecamatan Bendungan Kabupaten Semarang. (IST)

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Djarot Hutabri EBS menjelaskan bahwa program ini secara konsisten dijalankan PLN sebagai kepedulian, kesadaran serta tanggung jawab PLN dalam melindungi dan menyelamatkan lingkungan hidup.

Dirinya juga mengharapkan kegiatan penanaman pohon ini agar dapat meningkatkan kesadaran seluruh pihak baik masyarakat, pemerintah dan juga lembaga lain tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

Djarot mengatakan bahwa program ini juga merupakan dukungan PLN terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 13 tentang Penanganan Perubahan Iklim dan nomor 15 tentang Ekosistem Daratan.

“Kami akan secara konsisten menyalurkan bantuan seperti ini khususnya di daerah yang menjadi wilayah kerja kami. Bahwa kami juga bukan hanya menjalankan proses bisnis kami, namun bantuan ini menjadi perhatian dan upaya kami untuk mengajak masyarakat bergerak bersama mengatasi perubahan iklim dan deforestasi,” pungkas Djarot.

Masih dalam suasana COP-27 di Sharm el-Sheikh, Mesir, Indonesia menyuarakan aksi bersama negara di dunia dalam mencegah kenaikan suhu global.

Berbagai aksi, strategi, inovasi, dan capaian Indonesia ditampilkan di Paviliun Indonesia yang bertemakan "Stronger Climate Action Together".

Mengutip dari website Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan (KLHK), Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa Diperlukan tindakan multilateral, kolektif, dan terpadu sebagai satu-satunya cara mengatasi ancaman global yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, program penanaman pohon yang dilaksanakan PLN ini juga menjadi dukungan nyata dalam melindungi bumi.

Bantuan senilai Rp 200 Juta diberikan dalam bentuk tanaman produktif yaitu bibit pohon alpukat lokal kepada 9 kelompok masyarakat meliputi 4 kelompok tani, 1 kelompok sadar wisata dan 4 kelompok masyarakat lainnya dengan total penerima manfaat sebanyak kurang lebih 250 warga.

Selain itu, juga turut diserahkan pupuk dasar, pestisida, alat sprayer listrik dan peralatan cocok tanam lainnya.

Pada pelaksanaannya, kelompok tersebut akan diberikan hak untuk mengelola pohon alpukat tersebut di tanah milik Pemerintah Kabupaten Semarang seluas 29 Ha.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved