Berita Purbalingga

Citilink Akan Kembali Layani Rute Halim PK - Bandara JB Soedirman pada 10 November 2022

Penerbangan ini akan menggunakan pesawat ATR 72-600 dan berangkat dua hari seminggu, yakni Selasa dan Kamis.

Editor: Pujiono JS
TRIBUNBANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
Sebuah Pesawat Citilink ATR 72-600 berada di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Maskapai penerbangan Citilink kembali membuka rute Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta ke Bandara JB Soedirman mulai Kamis (10/11/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Setelah lima bupati di wilayah Banyumas Raya menandatangani surat pernyataan bersama terkait dukungan penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga, kini maskapai penerbangan Citilink kembali membuka rute Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta ke Bandara JB Soedirman mulai Kamis (10/11/2022).

Baca juga: 5 Bupati di Banyumas Raya Berkomitmen Dukung Penerbangan Bandara JB Soedirman Purbalingga

Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai mengharapkan dengan beroperasinya kembali penerbangan menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman tersebut dapat mendukung terjalinnya konektivitas antardaerah.

Selain itu Dewa berharap penerbangan Citilink dari Jakarta ke Purbalingga akan meningkatkan mobilitas masyarakat khususnya di wilayah Banyumas Raya seperti Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Wonosobo, dan sebagainya.

Penerbangan ini akan menggunakan pesawat ATR 72-600 dan berangkat dua hari seminggu, yakni Selasa dan Kamis.

Berikut jadwal penerbangan Jakarta-Purbalingga (PP) yang akan dioperasikan mulai Kamis 10 November 2022:

Rute Jakarta-Purbalingga

  • Pesawat dari Jakarta (QG 1112) berangkat pukul 10.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Purbalingga pukul 11.20 WIB. Jadwal ini berlaku pada hari Selasa.
  • Pesawat dari Jakarta (QG 1112) berangkat pukul 13.45 WIB dan dijadwalkan tiba di Purbalingga pukul 15.05 WIB. Jadwal ini berlaku pada hari Kamis

Rute Purbalingga-Jakarta

  • Pesawat dari Purbalingga (QG 1113) berangkat pukul 12.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Jakarta pukul 13.20 WIB. Jadwal ini berlaku pada hari Selasa.
  • Pesawat dari Purbalingga (QG 1113) berangkat pukul 15.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Jakarta pukul 17.10 WIB. Jadwal ini berlaku pada hari Kamis.

Dewa berharap, selain mempermudah mobilitas masyarakat, penerbangan ini juga diharapkan mampu mengakomodasi peningkatan arus barang dan jasa dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut.

Riwayat Penerbangan di Bandara JB Soedirman

Maskapai penerbangan Citilink pertama kali membuka penerbangan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga pada Kamis, 3 Juni 2021.

Namun karena animo masyarakat untuk menggunakan layanan penerbangan menurun, akhirnya pada Oktober 2021 Citilink berhenti terbang dari Jakarta ke Purbalingga.

"Tetapi beberapa saat ini karena demand-nya sedang sangat menurun di rute ini, sehingga karena alasan komersial kita tidak terbang di week 3 dan week 4 Oktober ini," kata Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo saat dikonfirmasi Kompas TV, Senin (25/10/2021).

Setelah itu, Wings Air melakukan penerbangan perdana di Bandara JB Soedirman Purbalingga pada 10 Agustus 2022.

Saat itu Wings Air melayani rute penerbangan dari Bandara JB Soedirman Purbalingga (PWL) menuju Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan (PCB.

Sayangnya, Wings Air menghentikan layanan dan operasional penerbangan dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan ke Purbalingga dan Blora serta sebaliknya, mulai Jumat (19/8/2022).

(**)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Citilink Buka Lagi Rute Jakarta-Purbalingga PP Mulai 10 November 2022

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved