Berita Nasional

Erick Thohir Jadi Kunci Kemenangan Pilpres 2024

Pak Erick Thohir memiliki modal, memiliki elektabilitas dan logistik, modal sebagai menteri BUMN ada, paling tidak itu modalnya.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: Pujiono JS
Istimewa
Erick Thohir Menteri BUMN RI 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Menteri BUMN RI, Erick Thohir disebut berpotensi menjadi kunci kemenangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Erick Thohir memilih modal sosial dan logisitik untuk mengatrol elektabilitas dalam kontestasi demokrasi mendatang.

“Pak Erick Thohir memiliki modal, memiliki elektabilitas dan logistik, modal sebagai menteri BUMN ada, paling tidak itu modalnya. Itu yang saya sebut faktor kunci,” tutur Pangi, Senin (03/10).

Secara elektabilitas, Erick Thohir terbukti mampu menopang ketika dipasangkan dengan kandidat calon presiden potensial seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, duet Ganjar- Erick Thohir unggul dalam tiga simulasi tiga pasang kontestasi demokrasi.

Pada simulasi pertama pasangan kepala daerah dan menteri tersebut memperoleh elektabilitas sebesar 43.4 persen.

Elektabilitas tersebut meninggalkan pasangan Prabowo – Puan yang mendapatkan elektabilitas sebesar 29.4 persen dan Airlangga – Ridwan Kamil di 11.0 persen.

Kemudian di simulasi ke dua, pasangan Ganjar – Erick Thohir kembali digdaya atas pasangan lain dengan elektabilitas sebesar 36.6 persen. Di bawahnya terdapat pasangan Prabowo – Cak Imin dengan elektabilitas 25.7 persen dan Anies – Khofifah 24.8 persen.

Lanjut ke simulasi ke tiga, Ganjar – Erick Thohir kembali tidak tertandingi dengan angka elektabilitas 43.1 persen. Menyusul di belakang Ganjar – Erick Thohir terdapat pasangan Prabowo – Cak Imin dengan elektabilitas 32.0 persen dan Airlangga – Ridwan Kamil 9.9 persen.

Temuan ini juga sedikit banyak mengingatkan kepada figur mantan Wapres Jusuf Kalla. Di mana baik Erick Thohir dan Jusuf Kalla, memiliki elektabilitas yang mumpuni sebagai cawapres dan logistik yang kuat.

“Hampir sama dengan Pak JK, mereka memiliki elektabilitas dan logistik,” pungkas Pangi yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Research Center. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved