Jadwal Film TV

Jadwal Film TV di Trans TV, 30 September 2022: Film Dokumenter tentang Lahirnya Supersemar

Jadwal tayangan bioskop Trans TV malam ini, Jumat (30/9/2022) akan menampilkan film sejarah Indonesia yang berjudul Djakarta 1966.

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
TRIBUNNEWS
Djakarta 1966 Poster Film 

TRIBUNBANYUMAS.COM- Jadwal film TV di Trans TV malam ini, Jumat (30/9/2022) akan menampilkan film sejarah Indonesia yang berjudul Djakarta 1966, yang dimulai pukul 21.45 WIB.

Film yang dirilis tahun 1982 ini dimainkan oleh Amoroso Katamsi dan Umar Kayam.

Djakarta 1966 disutradarai oleh Arifin C. Noer dan A. Nugraha. Selain sutradara, dalam film ini Arifin juga bertanggung jawab sebagai penulis skenario bersama Bur Rasuanto.

Film ini dimulai dengan kritikan terhadap Presiden Soekarno yang tidak membuat keputusan yang memuaskan setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau yang dikenal dengan singkatan G30 S PKI.

Film ini menceritakan kronologi lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret tahun 1966 berdasarkan versi pemerintahan Orde Baru.

Dalam keadaan negara yang genting pasca peristiwa Gerakan 30 September, Presiden Soekarno memberikan wewenang kepada Letjen Soeharto berupa Supersemar. 

Setelah peristiwa G30S yang disalahkan kepada PKI tahun sebelumnya, Presiden Soekarno (Umar Kayam) tidak segera melakukan penyelesaian politik yang memuaskan.

Hari-hari itu Jakarta dipenuhi demonstrasi mahasiswa yang tergabung dalam KAMI dan KAPPI. Mereka mencetuskan Tritura: pembubaran PKI, perombakan kabinet dan penurunan harga.

Sewaktu keadaan makin genting, Presiden Soekarno (Umar Kayam) akhirnya memberi wewenang berupa Supersemar pada Letjen Soeharto (Amoroso Katamsi) untuk memulihkan keamanan negara lewat tindakan apapun yang "dianggap perlu".

Berdasar kewenangan itu Soeharto memerintahkan pembubaran PKI.

Saksikan film sejarah Indonesia yang berjudul Djakarta 1966, malam ini pukul 21.45 WIB, hanya di Trans TV.

Disclaimer: Artikel ini hanya bersifat informasi kepada pembaca. Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan telebih dahulu. TribunBanyumas.com tidak bertanggungjawab atas pergantian mendadak jadwal ataupun film yang diputar di televisi.

ADR

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved