Berita Cilacap

Warga Tiga Kecamatan di Cilacap Menjaga Tradisi Sedekah Kupat, Begini Sejarah dan Maknanya

Puluhan pria berdatangan dan mulai duduk berjajar di jalan batas Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Rabu (21/9/2022) pagi.

TRIBUNBANYUMAS/PINGKY SETIYO ANGGRAENI
Warga Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, makan kupat bersama dalam tradisi sedekah kupat di perbatasan jalan desa, Rabu (21/9/2022) pagi. Tradisi ini hanya dimiliki tiga kecamatan di Cilacap, terutapa di wilayah berbatasan dengan Jawa Barat. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Puluhan pria berdatangan dan mulai duduk berjajar di jalan batas Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Rabu (21/9/2022) pagi.

Mereka tak datang dengan tangan kosong. Masing-masing orang yang mayoritas memakai pakaian berwarna hitam, datang membawa ketupat.

Mereka bersiap mengikuti tradisi sedekah kupat.

Sedekah kupat merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang, yang masih lestari di wilayah Cilacap bagian ujung barat.

Biasanya, warga berkumpul di jalan perbatasan desa atau di suatu tempat yang telah ditentukan. Setiap warga, datang membawa ketupat.

Baca juga: Larung Jolen Sedekah Laut di Cilacap Digelar Sederhana, Sesaji Kepala Sapi Diganti Kepala Kambing

Baca juga: Daftar 15 SMA Terbaik di Banyumas dan Cilacap Versi LTMPT Berdasarkan UTBK 2022

Kemudian, ketupat yang dibawa disampirkan atau digantungkan pada sebuah palang bambu yang telah disediakan di perbatasan desa.

Ketupat tersebut nantinya diambil siapa saja yang melewati jalan tersebut. Mereka percaya, ketupat yang diambil membawa keberkahan dan keselamatan.

Biasanya, warga yang membawa pulang ketupat itu tidak mengonsumsi namun menggantung di pintu rumah.

Tradisi sedekah kupat dibuka dengan sambutan sesepuh dusun atau desa, yang dilanjutkan dengan pengucapan Ijab Sidekah oleh juru kunci.

Acara ditutup dengan doa bersama.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved