Berita Cilacap

182.500 Keluarga di Cilacap Bakal Terima BLT BBM, Bantuan Dicairkan Lewat Kantor Pos

Sebanyak 182.500 keluarga penerima manfaat (KPM) di Cilacap bakal menerima bantuan subsidi sebagai imbas dari kenaikan harga BBM bersubsidi.

ISTIMEWA/PEMKAB CILACAP
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji (tengah) memimpin rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), membahas inflasi daerah sebagai akibat kenaikan harga BBM di Ruang Prasanda, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Sebanyak 182.500 keluarga penerima manfaat (KPM) di Cilacap bakal menerima bantuan subsidi sebagai imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Cilacap di Ruang Prasanda Rumah Dinas Bupati Cilacap, Selasa (6/9/2022).

Rapat yang dipimpin Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji ini membahas inflasi daerah akibat kenaikan harga BBM.

Dalam rapat juga dibahas bantalan sosial bagi warga terdampak.

Kepala Dinas Sosial Cilacap Arida Puji Hastuti mengatakan, ada tiga bantalan sosial yang disiapkan pemerintah bagi warga terdampak kenaikan harga BBM.

Yakni, bantuan langsung tunai (BLT) dari Kemensos, senilai Rp 150.000 per bulan, yang diberikan empat bulan kepada KPM dengan dua kali pencairan.

Baca juga: Warga Cilacap Diduga Terlibat Aksi Pencurian Brankas di Rumah Selebgram Dara Arafah, Terekam CCTV

Baca juga: Warga Cilacap Diringkus Usai Oplos Pertalite Jadi Pertamax

Kedua, bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600.000 untuk pekerja dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta/bulan.

Ketiga, dukungan pemerintah daerah yang bersumber dari dua persen Dana Transfer Umum (DTU), yakni DAU dan DBH, untuk subsidi sektor transportasi, semisal angkutan umum, ojek dan nelayan, serta perlindungan sosial tambahan.

"Bantuan subsidi kenaikan BBM disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan kami menerima 182.500 KPM."

"Untuk KPM ini sudah teralokasi untuk bansos PKH dan BPNT. Jadi, sudah ada by name by address," kata Arida dalam rilis yang diterima, Rabu (7/9/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved