Pemilu 2024

Tercatat Ganda sebagai Anggota Parpol, Sejumlah Warga Datangi KPU Jepara untuk Klarifikasi

Anggota sejumlah parpol mendatangi KPU Jepara, Senin (5/9/2022). Mereka datang untuk mengklarifikasi kegandaan anggota partai yang terdeteksi di Sipol

TRIBUNBANYUMAS/YUNAN SETIAWAN
Anggota KPU Jepara memproses verifikasi keanggotan partai politik, Senin (5/9/2022). KPU menemukan data ganda sejumlah anggota parpol saat melakukan verifikasi parpol di Sipol. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JEPARA - Anggota sejumlah partai politik (parpol) mendatangi KPU Jepara, Senin (5/9/2022).

Mereka datang untuk mengklarifikasi kegandaan anggota partai yang terdeteksi di Sistem Informasi Partai Politik (parpol).

Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun mengatakan, proses klarifikasi digelar hari ini hingga pukul 23.59 WIB.

"KPU menyampaikan surat pemberitahuan kepada 13 parpol terkait klarifikasi ini. Parpol menghadirkan anggota yang belum dapat ditentukan status keanggotaannya itu ke kantor KPU," kata Muhammadun, Senin.

Baca juga: Cek Sipol, Bawaslu Jepara Temukan Ribuan Nama Ganda sebagai Anggota Parpol

Baca juga: Lumba-lumba Penuh Luka Ditemukan Terdampar di Pinggir Pantai Poncol Jepara

Beberapa parpol yang sudah melakukan proses klarifikasi keanggotaan, hingga Senin siang di antaranya Partai Nasdem, Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Parpol lain yang juga akan melakukan hal serupa dan telah menginformasikan ke KPU Jepara adalah Partai Demokrat.

Muhammadun membeberkan, klarifikasi yang dilakukan parpol tersebut adalah terkait ganda eksternal, dimana seseorang dengan identitas yang sama dalam Sipol, terdata di lebih dari satu parpol.

"Jika situasinya seperti ini, KPU perlu mengklarifikasi karena status keanggotaannya belum dapat ditentukan, sampai benar-benar bisa jelas statusnya," imbuh Muhammadun.

Muhammadun menjelaskan, klarifikasi terhadap keanggotaan parpol yang belum dapat ditentukan statusnya itu diatur dalam Pasal 39 Ayat 1 Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum DPR dan DPRD.

Secara teknis, ujar dia, KPU Kabupaten Jepara mempedomani Keputusan KPU Nomor 309 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 260/2022.

Baca juga: Bertanding dengan 10 Pemain, Persijap Jepara Tundukkan Tim Tamu Persekat Tegal dengan Skor 1-0

Baca juga: Wabah PMK di Jepara Belum Tuntas, Kini Menyebar ke Kambing

Hal itu sesuai dengan pedoman teknis yang diatur dalam Keputusan KPU Nomor 309 Tahun 2022, bahwa 4-5 September 2022 merupakan jadwal kegiatan verifikasi administrasi terhadap surat pernyataan dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi belum memenuhi syarat dari parpol.

"Pada tanggal yang sama juga, KPU melakukan klarifikasi secara langsung terhadap anggota parpol yang belum dapat ditentukan statusnya," beber Muhammadun.

Setelah proses klarifikasi tuntas, KPU Kabupaten Jepara akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan parpol ke KPU Provinsi Jawa Tengah, pada 7-8 September 2022.

Kemudian, KPU provinsi akan menyampaikannya ke KPU RI pada 10 September 2022.

Disampaikan Muhammadun, pada 15-28 September 2022, pihaknya mempersiapkan masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh parpol. (*)

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Batang: Minibus Dikemudikan Sopir Cadangan, Sopir Utama Tewas

Baca juga: Gelar Demo Tolak Harga BBM Bersubsidi Naik, Mahasiswa Banyumas Desak Ketua DPRD dan Bupati Sepakat

Baca juga: Pengemudi Mikrobus Rute Tegal-Pemalang Bakal Naikkan Tarif Mulai Besok, Ini Kisarannya

Baca juga: Harga Beras hingga Bawang Merah di Pasar Banyumas Mulai Naik, Imbas Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved