Berita Cilacap

Meriah! Puluhan Ribu Penonton Ramaikan Karnaval Pembangunan di Cilacap

Gelaran karnaval pembangunan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah berlangsung meriah.

tribunbanyumas.com/pingky
Kawasan Stadion Wijayakusuma dipadati penonton dalam gelaran karnaval pembangunan di Cilacap, Kamis (25/8/2022). Gelaran karnaval pembangunan karnaval diikuti oleh ratusan peserta dari sekolah, instansi, dan umum. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Gelaran karnaval pembangunan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah berlangsung meriah, Kamis (25/8/2022).

Karnaval pembangunan Cilacap ini untuk memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Karnaval pembangunan Cilacap diikuti oleh ratusan peserta mulai dari sekolah, instansi dan umum.

Setela vakum 2 tahun karena pandemi, kerinduan masyarakat terlihat dalam acara ini.

Baca juga: Masuk Penyusunan Amdal, Pembangunan Fisik Tol Cilacap-Yogya Lewat Banyumas Diperkirakan Dimulai 2024

Kawasan Stadion Wijayakusuma dipadati penonton dalam gelaran karnaval pembangunan di Cilacap. Kamis (25/8/2022). Gelaran karnaval pembangunan karnaval diikuti oleh ratusan peserta dari sekolah, instansi, dan umum.
Kawasan Stadion Wijayakusuma dipadati penonton dalam gelaran karnaval pembangunan di Cilacap. Kamis (25/8/2022). Gelaran karnaval pembangunan karnaval diikuti oleh ratusan peserta dari sekolah, instansi, dan umum. (tribunbanyumas.com/pingky)

Karnaval pembangunan menyedot animo tinggi masyarakat.

Pantaun tribunbanyumas.com di lokasi, sedari pagi sebelum karnaval dimulai, penonton sudah berada di sepanjang jalan yang menjadi rute karnaval.

Mereka tak hanya datang sendiri namun juga turut memboyong anggota keluarga lainnya.

Seorang penonton, Sri Martinah (46) dari Jeruklegi menuturkan, sengaja datang lebih awal ke sekitar Stadion Wijayakusuma Cilacap untuk memilih tempat agar bisa menyaksikan karnaval di barisan depan.

"Tadi sampai sini (lokasi start) sekitar jam 09.00 WIB biar bisa milih tempat buat nonton.

Kalau datang kesini pas mulai ya ngga kebagian tempat, ingin lebih dekat saja nontonnya," jelasnya kepada tribunbanyumas.com Kamis.

Baca juga: Penghuni Tengah Tertidur Lelap saat Rumahnya Terbakar di Majenang Cilacap, Bagaimana Nasibnya?

Sri Martinah tidak datang sendiri, ia memboyong suami dan juga cucunya untuk menyaksikan karnaval pembangunan yang digelar setahun sekali itu.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia HUT Ke-77 RI Kabupaten Cilacap, Luhur Satrio Muchsin mengatakan bahwa antusiasme masyarakat baik dari peserta maupun penonton untuk tahun ini luar biasa.

Terlebih gelaran karnaval pembangunan sempat vakum 2 tahun karena adanya pandemi.

"Untuk tahun ini sangat meriah karena dua tahun ini kita kan tidak ada kegiatan, jadi memang Bapak Bupati menginginkan adanya karnaval pembangunan ini," kata Satrio kepada tribunbanyumas.com.

Baca juga: Detik-detik Rumah Warga Sidanegara Cilacap Terbakar, Radio Mati hingga Tetangga Cium Bau Gosong

Kawasan Stadion Wijayakusuma dipadati penonton dalam gelaran karnaval pembangunan di Cilacap, Kamis (25/8/2022). Gelaran karnaval pembangunan karnaval diikuti oleh ratusan peserta dari sekolah, instansi, dan umum.
Kawasan Stadion Wijayakusuma dipadati penonton dalam gelaran karnaval pembangunan di Cilacap, Kamis (25/8/2022). Gelaran karnaval pembangunan karnaval diikuti oleh ratusan peserta dari sekolah, instansi, dan umum. (tribunbanyumas.com/pingky)

Satrio sapaan akrabnya menuturkan, bahwa untuk gelaran karnaval pembangunan tahun ini total ada 116 peserta yang turut memeriahkan.

Masing-masing peserta kata Satrio minimal mengirimkan 2 mobil atau kendaraan hias untuk diiring disepanjang jalan.

"Kalau untuk mobil hias kurang lebih sekitar 230 unit, karena memang masing-masing peserta minimal membawa 2 kendaraan," tutur Satrio.

Para peserta karnaval diiring kurang lebih sepanjang 5 kilometer.

Adapun rutenya yaitu start dari barat Stadion Wijayakusuma, kemudian ke jalan Perintis Kemerdekaan, jalan Gatot Subroto, berlanjut ke jalan S.Parman dan finish di lapangan eks Batalyon 405 Cilacap. (*)

Baca juga: Jadwal Liga 2 Grup Tengah, 2 Laga Pembuka PSCS Cilacap Main di Kandang

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved