Berita Nasional

Hentikan Aktivitas! Yuk, Ambil Sikap Sempurna saat Merah Putih Dikibarkan Pukul 10.17 WIB

Masyarakat diminta berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Editor: rika irawati
Sekretariat Presiden
ILUSTRASI. Pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Presiden Jakarta, Senin (17/8/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Masyarakat diminta berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Di tengah aktivitas, masyarakat diminta berdiri tegak dengan sikap sempurna saat bendera Merah Putih dikibarkan dalam upacara peringatan Detik-detik Proklamasi, pukul 10.17 WIB.

Permintaan ini disampaikan pemerintah lewat sejumlah menteri dan kepala lembaga, dalam video yang ditayangkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

"Ayo, kita bersama berdiri tegak, sikap sempurna, pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia saat lagu 'Indonesia Raya' berkumandang," kata para menteri dan kepala lembaga.

"77 Tahun Republik Indonesia, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," imbuh mereka.

Baca juga: Nama-nama dan Asal Sekolah 9 Anggota Paskibra HUT RI di Banyumas

Baca juga: Ini Arti Gumregah Bareng Jawa Tengah Gayeng, Slogan HUT Jateng, Pernah Dipakai Solo

Baca juga: Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI Kembali Digelar di Gunung Lawu Karanganyar, Ada Pesta Kostum!

Para menteri dan kepala lembaga yang menyampaikan ajakan itu adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Suharyanto.

Imbauan ini sebelumnya telah disampaikan melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 yang diunggah di situs setneg.go.id.

Dalam surat tersebut, jajaran pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah, diminta menghentikan kegiatan selama 3 menit pada pukul 10.17 WIB-10.20 WIB pada 17 Agustus 2022 untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi.

"Pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB, selama 3 menit, menghentikan semua kegiatan."

"Berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi," bunyi poin 5 surat yang ditandatangani Mensesneg Pratikno.

Adapun penghentian aktivitas sejenak itu dikecualikan bagi setiap orang dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri dan orang lain apabila dihentikan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini Pukul 10.17 WIB, Masyarakat Diminta Berdiri Tegak Saat Bendera Merah Putih Dinaikkan".

Baca juga: Bocah 7 Tahun Diduga Tenggelam saat Mancing di Kawunganten Cilacap, Hanya Ditemukan Sandal dan Kail

Baca juga: Sepi Penumpang, Wings Air Hentikan Sementara Penerbangan dari Tangerang ke Purbalingga dan Blora

Baca juga: Klub Liga 3 Tak Perlu Biayai Perangkat Pertandingan, Ditanggung PSSI Jateng, Tetap Tak Mau Ikut?

Baca juga: Dua Ruang Kelas SD Negeri 2 Ciarus Rusak Parah, Bupati Banyumas: Sedang Dicek

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved