Astra Motor Yogyakarta

7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor

Sepeda motor menjadi alat mobilitas paling efektif dan banyak digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

IST
7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA – Sepeda motor menjadi alat mobilitas paling efektif dan banyak digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Salah satunya, mengantar anak ke sekolah atau sekadar membonceng berkeliling menikmati perjalanan. Kendati demikian, orang tua perlu memahami cara yang aman saat membonceng si buah hati agar selamat selama perjalanan.

7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor
7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor (IST)

Contoh mudah dan paling banyak dilakukan, membonceng anak di posisi depan. Menurut Johannes Lucky, Manajer Safety Riding Department PT Astra Honda Motor, berbagai alasan disampaikan para orang tua saat membonceng anak di depan. Padahal, terdapat potensi bahaya tersembunyi atas kondisi tersebut.

7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor
7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor (IST)

Baca juga: Astra Motor Yogyakarta Gelar MXGP Community Gathering Day 2022

”Biasanya orang tua membonceng anak di depan karena berbagai alasan sederhana. Misalnya anak bisa menikmati pemandangan dan merasa senang saat duduk di depan. Ada juga yang berpikir posisi anak di depan lebih aman dan mudah dikontrol saat tertidur. Padahal ini tidak benar,” ujar Lucky.

7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor
7 Kiat Cari Aman Bonceng Anak Naik Motor (IST)

Baca juga: Gandeng Pecinta Motor Sport, Astra Motor Yogyakarta Gelar Honda CB150X Urban Explorer Touring

Terdapat beberapa potensi bahaya saat orang tua membonceng anak di depan. Seperti terbentur setang kemudi, terjepit, mendapatkan gangguan kesehatan, menutupi ruang lingkup pandangan pengemudi, mengganggu pengendalian, hingga salah komunikasi atau membaca informasi dari panel meter sepeda motor.

Lalu, bagaimana Cari_aman berkendara dengan anak? Berikut hal yang perlu diperhatikan saat berboncengan dengan si buah hati:

1. Perlengkapan berkendara

Anak wajib menggunakan perlengkapan berkendara, karena pembonceng dan pengendara memiliki risiko yang sama. Sehingga, keduanya wajib menggunakan perlengkapan berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

2. Posisi

Pastikan anak membonceng di belakang dengan posisi lurus dengan tubuh pengendara dan rapat, sehingga anak dapat memegang tubuh pengendara lebih baik dan meningkatkan keseimbangan saat berkendara.

Baca juga: Astra Motor Yogyakarta Luncurkan AHASS Sahabat Ojek Online Gandeng 5 Perusahaan On Demand Service

3. Anak siap dibonceng

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved