Berita Banyumas

49 UMKM Meriahkan Ngapak Festival di Purwokerto Banyumas, Diharapkan Ikut Dongkrak Transaksi Digital

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto terus mendorong pengembangan produk UMKM dan pembayaran digital.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Permata Putra Sejati
Stan pelaku UMKM fashion tengah mengikuti Ngapak Fatival (NFT) 2022 dengan tema 'Nganggo Produk Banyumas Raya' yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto. Acara di Rita Mall Purwokerto, Kabupaten Banyumas, ini berlangsung Jumat (22/7/2022)-Minggu (24/7/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto terus mendorong pengembangan produk UMKM dan pembayaran digital.

Satu di antaranya lewat Ngapak Festival (NFT) 2022 yang diikuti 49 UMKM di Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara, Jumat (22/7/2022)-Minggu (24/7/2022).

Bertempat di Rita Mall Purwokerto, mereka menampilkan produk unggulan mulai dari fashion, makanan, kopi, juga kerajinan tangan.

Kali ini, event tahunan tersebut mengangkat tema 'Nganggo Produk Banyumas Raya'.

"NFT 2022 juga merupakan salah satu upaya mendorong kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) serta merupakan bagian dari Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang dicanangkan Pemerintah bersama Bank Indonesia," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan dalam rilis yang diterima, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Barisan Relawan Jokowi Presiden Gelar Konferda Jateng di Banyumas, Tetap Dukung Jokowi 3 Periode

Baca juga: Segarnya Grojogan Ratu di Baturraden Banyumas, Konon Tempat Bersemayam Ratu

Selain memberi ruang bagi pelaku UMKM memasarkan produknya, dalam festival ini juga dilaksanakan business matching pembiayaan dan deklarasi 15 juta pengguna QRIS.

Ada juga penandatanganan business matching pembiayaan perbankan pada UMKM yang berlangsung Sabtu (23/7/2022).

Penandatangan dilakukan PT Bank BPD Jateng Cabang Purwokerto, PT Bank BRI Cabang Puwokerto, dan PT Bank BTN Cabang Purwokerto.

Total pembiayaan dari ketiga bank ini mencapai Rp 670 juta dari keseluruhan pembiayaan yang telah digelontorkan dalam kurun waktu Maret sampai Juni 2022, sebesar Rp 50,8 miliar.

Rony mengatakan, lewat NFT 2022 ini diharapkan pembiayaan perbankan pada UMKM juga meningkat, sehingga dapat menggeliatkan kembali dunia usaha dan mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved