Berita Banyumas

Warga Tuntut Hotel Rodamas Purwokerto Penuhi Janji, Buntut Tamu Hotel Buang Kondom di Permukiman

Warga Kelurahan Purwokerto Wetan, Banyumas mendesak Hotel Rodamas memenuhi kesepakatan, buntut tamu hotel buang kondom di atap rumah warga.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Permata Putra Sejati
Muhammad Adam Furqon, kuasa hukum warga Kelurahan Purwokerto Wetan, menunjukkan dekatnya jarak rumah warga dengan Hotel Rodamas Purwokerto, Selasa (12/7/2022). Warga mengeluh seringnya menemukan kondom bekas dan sampah lain dari hotel di permukiman warga. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Warga RT 03 dan 04 RW 05, Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, mendesak pengelola Hotel Rodamas Purwokerto segera memenuhi kesepakatan yang mereka buat Februari lalu.

Mereka menuntut manajemen hotel membayar retribusi Rp 150 ribu per bulan kepada warga dan menutup penuh tembok pembatas dengan permukiman, di sisi utara dan selatan.

Kesepakatan ini dibuat buntut dari aksi protes warga setelah menemukan banyak kondom bekas di atap rumah mereka, diduga dari tamu hotel.

Warga juga sering mendengar suara gaduh dari hotel.

Kesepakatan ini juga tertuang dalam surat pernyataan yang ditandatangani kedua pihak pada 24 Februari 2022.

Kuasa Hukum warga Muhammad Adam Furqon mengatakan, hingga hari ini, hotel melakukan kewajiban sesuai kesepakatan tersebut.

Baca juga: Warga Geruduk Hotel di Purwokerto, Tak Terima Atap Rumah Mereka Jadi Tempat Pembuangan Kondom

Baca juga: Tangkap 4 Pengedar, Polresta Banyumas Amankan 407,89 Gram Sabu Senilai Rp 489 Juta

Pihaknya juga sempat mengecek ke dinas terkait soal perizinan hotel.

"Kami menduga, tidak ada izin untuk bangunan-bangunan yang ada di hotel tersebut."

"Kami juga telah menyurati dinas-dinas terkait, termasuk bupati."

"Hal itu mendasarkan permasalahan yang dulu, saat warga mendatangi pihak hotel, berkaitan dengan pembuangan alat kontrasepsi dan lainnya," katanya, Selasa (12/7/2022).

Belum adanya izin ini juga diperkuat dalam pertemuan antara dinas terkait dengan manajemen hotel yang berlangsung 24 Juni 2022.

Dalam pertemuan itu terungkap, tahun 2016, pihak Hotel Rodamas memang mengajukan izin mendirikan bangunan (IMB) namun dikembalikan Pemkab Banyumas lantaran berkas yang dibutuhkan belum lengkap.

Ternyata, pihak hotel tidak melengkapi berkas itu tetapi melanjutkan pembangunan hingga berdiri sekarang.

"Mengutip berita acara pertemuan tanggal 24 Juni, antara pihak hotel dengan dinas terkait, (pengjuan izin IMB) ditolak karena belum lengkap sehingga Hotel Rodamas belum memiliki izin sesuai undang-undang yang berlaku," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved