Pendidikan

Berikut Peraturan Peserta saat Ikui UTBK SBMPTN di Unnes, Ujian Dibagi dalam 2 Sesi

Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) diadakan di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).

ist/dok humas unnes
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diadakan di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang sejak Selasa (17/5/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) diadakan di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang sejak Selasa (17/5/2022).

UTBK-SBMPTN Unnes diadakan di Gedung Kearsipan dan Digital Center Perpustakaan Rumah Ilmu Unnes dalam 2 sesi.

Sesi pertama diadakan mulai pukul 6.45-10.30 WIB dan 13.00-16.45 WIB di gelombang 1 UTBK Unnes mulai 17-29 Mei 2022.

Baca juga: Kisah Riko, Penyandang Disabilitas Celebral Palsy yang Tetap Semangat Ikut UTBK di Unnes

Disediakan 790 perangkat komputer untuk UTBK dengan rincian 590 komputer di Gedung Kearsipan dan 200 komputer di Digital Center.

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman menyatakan, pelaksanaan UTBK didukung fasilitas genset agar apabila terjadi pemadaman listrik, dapat segera teratasi.

"Unnes juga menerapkan protokol kesehatan ketat dan menyediakan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan di seluruh lokasi ujian," ujarnya.

Baca juga: Hari Pertama UTBK SBMPTN di UNS Solo, 54 Peserta Absen

Selain protokol kesehatan, Unnes juga menyiapkan tim satuan tugas (Satgas) Covid-19 yang bertugas memantau kesehatan para peserta dan panitia UTBK.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Zaenuri Mastur mengatakan, para peserta UTBK diminta sudah berada di lokasi UTBK satu jam sebelum ujian.

Jika diantar orang tua atau pengantar lainnya, peserta hanya di drop di lokasi agar tidak terjadi kerumunan.

Peserta UTBK juga harus memiliki suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius dan dalam keadaan sehat.

"Untuk memasuki lokasi ujian, peserta harus memindai barcode dengan aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Baca juga: Ujian SBMPTN 2022 Digelar Mulai Hari Ini, 16.651 Peserta Ikut Seleksi di Unsoed Purwokerto Banyumas

Sebelum UTBK dimulai, kelengkapan persyaratan ujian akan dicek, meliputi kartu tanda peserta ujian, kartu identitas (KTP/SIM), dan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi.

Bagi peserta yang berbuat kecurangan, tim panitia akan mengeluarkan peserta dari ruang ujian.

Ketua Satgas Covid-19 Unnes, Dr Yuni Wijayanti mengatakan, tim satgas Covid-19 UNNES terus memantau kesehatan peserta dan panitia ujian selama berlangsungnya UTBK.

"Kami terus memantau para peserta selain itu kami juga mengimbau peserta juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker medis, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelasnya.(*)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved