Berita jateng

Ribuan Orang Penuhi Sepanjang Jalan Mendut hingga Borobudur Magelang, Nantikan Parade Waisak

"Pak Ganjar, selamat datang pak. Terimakasih sudah hadir di acara kami. Pak minta foto dulu pak," kata para peserta pawai.

Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 

TRIBUNBANYUMAS.COM, MAGELANG - Ribuan orang memenuhi jalanan sepanjang Candi Mendut hingga Candi Borobudur di Magelang, Minggu (16/5). Dengan antuisias, mereka menantikan iring-iringan parade Waisak dalam rangkaian peringatan hari raya Waisak 2566 BE.

Sebanyak 1200 peserta meramaikan Parade Waisak kali ini. Iring-iringan drum band, pasukan bendera, mobil hias hingga pasukan festival lainnya membuat suasana semakin meriah.

Baca juga: Besuk Buya Syafii Maarif di RS di Jogja, Ganjar: Mari Doakan Agar Tetap Sehat dan Semangat!

Suasana semakin meriah saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo muncul di lokasi itu. Masyarakat baik yang ikut pawai maupun nonton di pinggir jalan langsung berhamburan mendekati Ganjar.

"Pak Ganjar, selamat datang pak. Terimakasih sudah hadir di acara kami. Pak minta foto dulu pak," kata para peserta pawai.

Baca juga: Mobil Balap Bimasakti dari UGM Ikut Balap di Belanda, Ketua Kagama Ganjar: Kita Dukung!

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Istimewa)

Baca juga: Buya Syafii Maarif Dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta akibat Sesak Napas

Ada juga emak-emak yang ada di pinggir jalan sampai penjual cideramata khas Borobudur yang tak kalah antusias. Mereka berdesakan untuk salaman atau meminta selfie.

Ganjar yang tiba di lokasi sekitar pukul 06.45 itu sempat berkeliling menyapa para peserta parade. Ia juga ngobrol dengan para pengurus Walubi serta para Bhiksu.

Baca juga: Wanita, Waspadai Cuaca Panas Akhir-akhir Ini! Bisa Picu Hiponatremia

Rombongan Parade Waisak bergerak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur setelah dilepas secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Walubi, Murdaya Widyawimarta Poo. Ganjar mengikuti prosesi jalan sebentar, kemudian melanjutkan kegiatannya gowes pagi di kawasan Borobudur.

"Setidaknya setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Budha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah. Ya meskipun saat ini pesertanya masih dibatasi ya, tapi sudah ada 1200 san tadi yang ikut. Saya melihat kegembiraan umat Budha dan masyarakat pagi ini," katanya.

Baca juga: UPDATE Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Mojokerto: Korban Tewas 14 Orang, Bus Angkut 31 Penumpang

Kegembiraan itu lanjut Ganjar karena sudah lama masyarakat menantikan adanya kegiatan semacam ini. Setelah pandemi berangsur membaik, ia harap kegiatan festival semacam ini bisa terus dikembangkan lebih meriah.

"Tentu saja masyarakat menyambut bahagia, karena kita semua rindu pada perayaan besar semacam ini. Ya mudah-mudahan semua lancar, karena perayaan Waisak ini kan prosesinya panjang sampai puncaknya nanti malam," ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hari Waisak: Semoga Cahaya Kebahagiaan Menerangi Jalan Kita

Secara pribadi dan mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar mengucapkan selamat hari raya Waisak untuk umat yang merayakan.

"Saya doakan semoga semua berbahagia," pungkasnya. (*)

Baca juga: Cara Warga Thekelan Semarang Jaga Persaudaraan Beragama: Ucapkan Selamat Waisak di Pinggir Jalan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved