Astra Motor Yogyakarta

Hindari 7 Hal ini Agar Warna Cat Sepeda Motor Semakin Awet

Beberapa hal yang harus dihindari oleh pemilik sepeda motor agar warna sepeda motor kesayangannya semakin awet dan tidak cepat pudar.

IST
Tips agar cat bodi sepeda motor semakin awet 

TRIBUNBANYUMAS.COM, YOGYAKARTA – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa warna cat bodi sepeda motor akan memudar seiring berjalannya waktu. Upaya untuk mempertahankan warna ini bisa dibilang gampang-gampang susah, terutama karena menjaga kebersihan sepeda motor saja tidak cukup.

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro memaparkan ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pemilik sepeda motor agar warna sepeda motor kesayangannya semakin awet dan tidak cepat pudar.

7 hal yang harus dihindari agar cat sepeda motor tetap awet
7 hal yang harus dihindari agar cat sepeda motor tetap awet (IST)

Baca juga: Viral Kades di Pati Minta Motor Dinas Baru, Ini Tanggapan Bupati Haryanto

Baca juga: Viral Video Wanita Naik Motor Pemalang-Pekalongan Hanya Pakai Pakaian Dalam, Begini Faktanya

Beberapa faktor yang menyebabkan warna cat bodi sepeda motor cepat pudar antara lain adalah,

1. Paparan Sinar Matahari
Dalam jangka waktu yang lama, radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari berpotensi merusak lapisan cat sepeda motor dan menyebabkan warna menjadi kusam. Sehingga sangat disarankan untuk memilih tempat parkir yang teduh. Biasanya cat yang kusam akibat paparan sinar matahari ini ditemukan pada sepeda motor yang biasa terpmarkir di area terbuka.

2. Gesekan Terus Menerus
Gesekan terus menerus pada bodi sepeda motor berpotensi untuk menggerus lapisan cat sepeda motor. Biasanya cat yang kusam akibat gesekan terus menerus ini ditemukan pada sepeda motor yang sering digunakan untuk membawa barang berat dengan tas atau lapisan tambahan yang mengenai bodi sepeda motor.

3. Air Hujan
Air hujan mengandung asam nitrat (HNO3) yang bisa merusak lapisan cat bodi motor. Hal tersebut dapat diperparah jika kita tinggal di perkotaan dengan polusi udara yang tinggi dimana kandungan zat asam nitrat lebih tinggi. Kondisi tersebut bisa mempercepat rusaknya lapisan cat sepeda motor serta mempercepat proses korosi pada komponen berbahan logam.

4. Tumpahan Minyak
Tetesan atau tumpahan minyak rem pada bodi berpotensi merusak cat karena sifatnya yang mudah meresap ke permukaan cat. Tak cuma minyak rem, bahan bakar minyak dan thinner juga bisa membuat cat motor rusak.

5. Debu
Debu yang terlalu lama dibiarkan menempel pada bodi akan menurunkan kilap cat bodi motor. Selain itu, debu juga berpotensi membuat goresan halus atau baret yang pada akhirnya akan membuat daya kilap cat berkurang dan terlihat kusam.

6. Penggunaan Sabun Cuci
Penggunaan sabun atau sampo yang kurang tepat juga bisa membuat warna cat bodi motor cepat pudar. Hal itu disebabkan oleh kandungan kimia yang keras di dalam sabun atau sampo yang bisa mempercepat proses pemudaran warna cat.

7. Proses Pengeringan
Proses pengeringan setelah dicuci yang dilakukan asal-asalan atau masih meninggalkan butiran air dan sabun bisa menimbulkan noda pada cat bodi sepeda motor. Dalam tahap yang lebih ekstrim, hal ini dapat mengakibatkan munculnya bercak-bercak bahkan berjamur di permukaan cat.

“Penting bagi pemilik sepeda motor untuk menghindari 7 hal tersebut agar cat bodi sepeda motor semakin awet dan kilapnya tahan lama. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sepeda motor kesayangan.” tutup Danang Priyo Kumoro.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved