Berita Purbalingga

Tak Cukup Wisata Sejarah dan Agro, Bupati Purbalingga Ingin Dinporapar Kembangkan Wisata Industri

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong pengembangan wisata industri di Kabupaten Purbalingga.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Dok Pemkab Purbalingga
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat Paparan Program dan Inovasi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/2/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong pengembangan wisata industri di Kabupaten Purbalingga. Apalagi, Purbalingga telah dikenalnya sebagai kota industri.

Bupati yang akrab disapa Tiwi itu mengatakan, potensi industri yang bisa diangkat sebagai wisata misalnya proses pembuatan bulu mata palsu dan rambut palsu.

Tentu, hal itu perlu kerja sama antara Dinporapar dengan Dinaker agar perusahaan bisa membuka ruang untuk wisata industri.

Hal itu disampaikan Tiwi saat Paparan Program dan Inovasi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/2/2022).

Tiwi juga berharap, di Kabupaten Purbalingga, ada daya tarik wisata minat khusus yang berkaitan dengan potensi gula kelapa atau gula serbuk organik yang sudah berkualitas ekspor.

Baca juga: Mulai 1 Maret 2022 Pasar Segamas Purbalingga Terapkan E-Parkir

Baca juga: Pemkab Purbalingga Lanjutkan Pembangunan PFC, Tahun Ini Anggarkan Dana Rp 1,45 Miliar

Baca juga: Bersiap Gelar Pemilu 2024, KPU Minta Dukungan dan Kerja Sama Forkopimda Purbalingga

Baca juga: Catat! 18 Februari, Instansi Pemerintah dan Swasta Purbalingga Harus Gelar Aksi Bersih-bersih Sampah

Proses pengolahan gula kelapa dari mulai menderes, proses pengolahan, hingga menjadi gula serbuk, dinilai menarik bagi wisatawan untuk belajar dan mengamati prosesnya.

"Potensi wisata industri ini perlu kita eksplore, selain wisata alam yang memang menjadi potensi Kabupaten Purbalingga."

"Intinya, kita harus mengembangkan wisata yang basisnya sudah ada di Kabupaten Purbalingga," katanya dalam rilis yang diterima, Rabu (16/2/2022).

Bupati juga mendukung digagasnya pengembangan wisata sejarah atau Purbalingga Heritage History Tourism dan agro wisata perkopian di Desa Cendana, Kecamatan Kutasari.

Sementara, dalam paparannya, Kepala Dinporapar Purbalingga Prayitno mengatakan, pihaknya berencana membangun daya tarik wisata agro Alas Kopi di Desa Cendana, Kecamatan Kutasari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved