Berita Nasional

Kemenag Matangkan Rencana Umrah, Ada Skenario Keberangkatan Dipusatkan dari Bandara Soekarno Hatta

Kementerian Agama (Kemenag) mempersiapkan rencana keberangkatan jemaah ibadah umrah Indonesia.

Editor: rika irawati
DOKUMENTASI KEMENAG
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag) mempersiapkan rencana keberangkatan jemaah ibadah umrah Indonesia.

Satu di antaranya, skenario menerapkan kebijakan one gate policy (OGP) atau satu pintu keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta.

Hal ini disampaikan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Selasa (30/11/2021).

Dalam pertemuan itu, Yaqut mengatakan, Kemenag terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

"Untuk memfinalkan teknis operasional penyelenggaraan ibadah Umrah menyangkut kesiapan Indonesia memberangkatkan jemaah Umrah, skenario keberangkatan jemaah, prosedur flight visa umroh dan pemaketan layanan bagi jemaah Umrah," kata Yaqut di Ruang Rapat Komisi VIII DPR, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Tak Perlu Karantina 14 Hari, Jamaah Umrah Indonesia Bisa Terbang Langsung ke Saudi Mulai 1 Desember

Baca juga: Biaya Umrah Diperkirakan Naik 40 Persen, Termurah Bakal Tembus Rp 37 Juta

Baca juga: Jemaah Indonesia Belum Bisa Umrah, Terganjal Kasus Covid Tinggi dan Jenis Vaksin

Kedua, Kemenag berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 dalam rangka persiapan penyelenggaraan umrah di masa pandemi Covid-19.

Yaqut mengatakan, koordinasi juga dimaksudkan dalam rangka pemantauan perkembangan vaksinasi bagi jemaah umrah, serta upaya integrasi sistem komputerisasi terpadu umrah dan haji khusus (siskopatuh) Kemenag dengan aplikasi PeduliLindungi Kemenkes terkait akses data QR code sertifikat vaksin covid-19.

"Proses integrasi data ini sudah dalam tahap finalisasi dan siap digunakan apabila jamaah umrah Indonesia diberangkatkan nanti," ucapnya.

Ketiga, Kemenag juga melakukan koordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, otoritas wilayah 1 Soekarno Hatta, PT angkasa Pura dan maskapai penerbangan.

Keempat, Kemenag melakukan pembahasan bersama Asosiasi PPIU (Penyelenggara Perjalan Ibadah Haji Umrah), mengenai kebijakan dan skenario penyelenggaraan umrah di masa pandemi covid-19, antara lain lewat OGP.

"Tahap awal skema OGP, keberangkatan jamaah umroh hanya melalui bandara Soekarno-Hatta dan proses skrining protokol kesehatan dilaksanakan di asrama haji Pondok Gede Jakarta."

"Apabila perkembangnya terbukti baik, mendapatkan kepercayaan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi serta terdapat peningkatan jumlah jamaah umrah maka skema OGP akan dievaluasi dan dapat dilaksanakan pada berbagai kota embarkasi keberangkatan di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Jelang Putaran Kedua Liga 1, Flavio Beck Junior Dikabarkan Bakal Kembali Merapat ke PSIS Semarang

Baca juga: Rumah Rasem di Kotayasa Banyumas Rata dengan Tanah, Terbakar saat Pemilik Mengikat Sayur

Baca juga: Selamat! Messi Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik dan Raih Ballon dOr 2021

Baca juga: Pemancing Asal Pemalang Diduga Hanyut di Sungai Kaligenteng Pekalongan, Pergi Sejak 21 November

Kelima, Kemenag juga akan melakukan pembahasan revisi regulasi KMA no 719 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada masa pandemi covid-19 dan KMA Nomor 777 Tahun 2020 tentang biaya Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah referensi masa pandemi.

"Biaya umrah harus dikaji ulang, dievaluasi agar tidak memberatkan jamaah," katanya.

Terakhir, Yaqut mengatakan, Kemenag telah menyiapkan Asrama Haji Pondok Gede sebagai tempat pelaksanaan skema OGP.

"Asrama haji pondok gede memiliki fasilitas akomodasi yang memadai serta fasilitas-fasilitas yang cukup baik sehingga dapat digunakan sebagai tempat skrining kesehatan dan proses karantina jemaah umrah sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi melalui bandara Soekarno Hatta," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Rapat dengan Komisi VIII DPR, Menag Paparkan Persiapan Pemerintah Berangkatkan Jemaah Umrah.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved