Breaking News:

Berita Banjarnegara

Gunakan Panas Bumi, Geodipa Siapkan Listrik Berkekuatan 10 MW di Dieng Banjarnegara

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengapresiasi PT Geo Dipa Energi (Persero) (GeoDipa) dalam upaya menyediakan energi listrik dari panas bumi.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: rika irawati
ISTIMEWA
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengunjungi PLTP Small Scale Dieng 10 MW, Sabtu (13/11/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANJARNEGARA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengapresiasi PT Geo Dipa Energi (Persero) (GeoDipa) dalam upaya menyediakan energi listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan (EBT) panas bumi.

Ini disampaikan Suahasil dalam kunjungannya ke PLTP Small Scale Dieng 10 MW, Sabtu (13/11/2021).

Melalui pemanfaatan energi baru terbarukan, khususnya panas bumi, kata dia, GeoDipa telah melakukan langkah strategis menyelamatkan bumi.

Sumber energi panas bumi diklaim sebagai salah satu sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan serta operasinya yang berkelanjutan.

"EBT itu adalah energi hari ini dan masa depan, bukan pilihan. Indonesia memang harus beralih ke EBT untuk listrik," ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (15/11/2021).

Baca juga: Akses ke Dieng via Pejawaran Banjarnegara Terganggu, Tebing Setinggi 40 Longsor Tutupi Jalan di Beji

Baca juga: Jangan Diberi Oli Bekas! Begini Cara Menolong Korban Digigit Ular Menurut Dokter RSI Banjarnegara

Baca juga: Mengintip Tradisi Ngelik yang Hampir Punah di Banjarnegara, Nyanyi Shalawatan Bernada Tinggi

Baca juga: Tiga Pasangan Lagi Asyik Ngamar Diciduk Polisi, Razia Hotel Polres Banjarnegara, Begini Nasib Mereka

Suahasil menjelaskan, untuk mempercepat pengembangan pemanfaatan energi panas bumi, perlu kolaborasi dan sinergi yang kuat, baik dari badan usaha, pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat.

Suahasil juga meminta kepada badan usaha di bawah Kementerian Keuangan atau Special Mission Vehicle (SMV), untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi guna mempercepat pencapaian target yang telah ditetapkan.

Sementara, Direktur Utama GeoDipa Riki Firmandha Ibrahim menuturkan, GeoDipa terus menjalin kolaborasi dan sinergi dengan SMV, badan usaha, serta pemerintah daerah dan pemerintah pusat, guna meningkatkan manfaat yang lebih besar dengan keberadaan GeoDipa di seluruh wilayah kerjanya.

Untuk diketahui, GeoDipa ditugasi pemerintah mengelola Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) lain di Candi Umbul Telomoyo (40 MW), Arjuno Welirang (110 MW).

Selain itu, GeoDipa juga akan menjalankan proyek Government Drilling di Jailolo, Wae Sano, Nage, dan Bituang bersama PT SMI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved