Breaking News:

Berita Kebumen

Bupati Kebumen Luncurkan Aplikasi Si Damen: Mudahkan Warga Ikut Mengawasi Perolehan Pajak Daerah

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meluncurkan aplikasi Si Damen (Sistem Informasi Pendapatan Daerah Kebumen) berbasis Android, Rabu (8/9/2021).

Penulis: khoirul muzaki | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PEMKAB KEBUMEN
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meluncurkan aplikasi terkait perpajakan Si Damen di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KEBUMEN - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meluncurkan aplikasi Si Damen (Sistem Informasi Pendapatan Daerah Kebumen) berbasis Android, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (8/9/2021).

Aplikasi Si Damen ini dibuat untuk mendorong keterbukaan informasi di sektor perpajakan.

Arif mengatakan, aplikasi Si Damen merupakan terobosan untuk meningkatkan layanan publik dengan memaksimalkan sistem digitalisasi.

Sehingga, dapat diakses seluruh lapisan masyarakat, khususnya wajib pajak dan calon wajib pajak.

Terlebih, kata Bupati, Kabupaten Kebumen menjadi salah satu dari 100 kabupaten atau kota yang menjadi pilot project Smart City.

Baca juga: Kabar Gembira! Pemkab Kebumen Siapkan Rumah DP Nol Persen untuk THL, Dibangun Mulai 2022

Baca juga: Dukung Percepatan Zero Kasus Covid, Polres Kebumen Gencarkan Operasi Yustisi di setiap Kecamatan

Baca juga: Bagi Bansos Sekaligus Sosialisasi Prokes, Rangkaian Hari Jadi Polwan di Kebumen

Baca juga: Detik-detik Rumah Warga di Desa Tanuharjo Kebumen Terbakar, Bocah 11 Tahun Ini Jadi Saksinya

Selain itu, Kabupaten Kebumen, juga termasuk 10 besar Kabupaten/Kota dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik di Indonesia Tahun 2020.

"Atas dasar itu, pengelolaan pajak daerah Kabupaten Kebumen yang semula masih menggunakan aplikasi berbasis website, kini sudah ada Si Damen, bisa kita unduh di handphone Android di play store," ujarnya dalam rilis yang diterima.

Kehadiran aplikasi ini diharapkan semakin mempermudah wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, serta meningkatkan PAD.

Dalam aplikasi tersebut, tersedia informasi penting mengenai perpajakan. Semisal, informasi subjek pajak daerah, objek pajak daerah, dan tarif pajak daerah.

Ada juga informasi terkait Pendaftaran berbasis digital (e-NPWPD), Pelaporan berbasis digital (e-SSPD), Pembayaran berbasis digital (e-SSPD), Informasi Pajak Bumi dan Bangunan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved